Logo Saibumi

Ombudsman Lampung Minta Pemerintah Tingkatkan Pengawasan Protokol Kesehatan

Ombudsman Lampung Minta Pemerintah Tingkatkan Pengawasan Protokol Kesehatan

Foto : Ilustrasi/Istimewa

Saibumi.com, Bandar Lampung - Ombudsman Perwakilan Provinsi Lampung meminta Pemerintah Provinsi meningkatkan pengawasan penerapan protokol kesehatan di tengah masyarakat.

Peningkatan pengawasan penerapan protokol kesehatan terhadap masyarakat dengan mengoptimalkan peran serta Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Lampung.

BACA JUGA: Komplotan Pria Bertato Buang Brankas di Saluran Irigasi Bandar Lampung

Apalagi, menurut Ombudsman Lampung, Pemerintah Provinsi Lampung ini memiliki instrumen hukum berupa peraturan daerah. 

"Telah ada sejumlah aturan yang mengatur mengenai pengendalian COVID-19 maka pemerintah daerah mestinya merespon dengan cepat hal-hal apa saja yang mesti dilakukan," ujar Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Lampung, Nur Rakhman Yusuf, melalui keterangan tertulis, Kamis (21/1/2021).

Menurutnya, dalam pengendalian kasus COVID-19 sejumlah kepala daerah diminta untuk melindungi kesehatan masyarakat melalui tindakan pencegahan agar dapat menekan persebaran COVID-19.

"Setelah memiliki instrumen hukum, hal yang sangat penting adalah Kepala Daerah harus lebih mengoptimalkan Satgas Penanganan COVID-19 di daerah dan memastikan kegiatan penanganan dan pencegahan di Provinsi Lampung terus berjalan," ucapnya, dilansir Suaralampung.id.

Ia mengatakan pemerintah daerah dapat meningkatkan pengawasan terhadap penerapan protokol kesehatan di tengah-tengah masyarakat terutama di tempat pelayanan publik yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

"Provinsi Lampung dekat dengan Pulau Jawa dan memiliki potensi yang cukup tinggi terhadap penularan COVID-19, maka dari itu perlu adanya pengawasan ekstra akan penerapan protokol kesehatan, terutama bagi pelaku perjalanan udara, laut maupun darat," ucapnya.

Ia menjelaskan dengan adanya peran serta Satuan Tugas Penangan COVID-19 di kabupaten/kota diharapkan dapat memastikan penerapan protokol kesehatan berjalan dengan baik.

Diketahui berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Lampung saat ini total telah ada 8.654 kasus, dimana ada penambahan kasus harian sebanyak 128 kasus terkonfirmasi positif COVID-19 yang tersebar di 9 kabupaten/kota di Provinsi Lampung. (*)

BACA JUGA: Pekan Depan Menko Luhut Kunjungi Lampung, Ini Tempat yang Didatangi

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong