Logo Saibumi

Mata Bocah di Pringsewu Lampung Ini Bengkak, Diduga Sering Bermain Ponsel

Mata Bocah di Pringsewu Lampung Ini Bengkak, Diduga Sering Bermain Ponsel

Foto: Ilustrasi/Istimewa

Saibumi.com, Pringsewu - Seorang anak berusia 10 tahun dilarikan ke Rumah Sakit Mitra Husada Kabupaten Pringsewu, Lampung, setelah mengalami sakit pada bagian matanya.

Beredar informasi bahwa mata anak berinisial ZK, warga Kecamatan Pagelaran, tersebut mengalami bengkak karena terlalu banyak menonton di ponsel.

BACA JUGA: Monitoring Keberangkatan Massa FPI Pringsewu

“Betul sudah sejak beberapa hari lalu (dibawa ke rumah sakit),” ungkap Sanjari, Humas RS Mitra Husada saat dihubungi Suaralampung.id -- jaringan Saibumi.com -- grup Suara.com, Selasa, 12 Januari 2021, sore,  pada Rabu, 13 Januari 2021.

Namun ia belum bisa mengatakan penyebab pasti penyakit ZK.

“Belum ada diagnosa dokter. Lagipula saat ini saya sedang cuti, sehingga tidak memantau penuh pasien tersebut,” tambah Sanjari.

Sementara itu menurut Yani, bibi yang menemani ZK di rumah sakit, kondisi mata bocah kelas 3 SD itupun mulai membengkak.

“ZK mulai mengeluh sakit mata sejak setahun terakhir, namun sejak dua bulan terakhir semakin parah,” ungkap Yani.

Menurut Yani pula, kuat dugaan semakin parahnya kondisi sakit di mata ZK karena terpapar radiasi ponsel, sebab dia memang terlalu sering menonton di layar ponsel, bahkan hingga berjam-jam.

ZK mengalami gejala awal seperti sariawan, demam, hingga mata terus membengkak.

Pihak keluarga pun terus mengupayakan pengobatan terbaik untuk ZK, meskipun masih mengalami kesulitan ekonomi.

Melihat hal itu, Pihak DPRD Kabupaten setempat pun berupaya membantu untuk mengurus layanan BPJS, sehingga ZK bisa dirujuk ke rumah sakit yang fasilitasnya lebih memadai.

“Masih kita upayakan, karena kondisi ananda ZK sangat memprihatinkan. Hal itu mengetuk nurani kami,” ungkap Suherman, Ketua DPRD Pringsewu.

ZK diharapkan bisa mendapat perawatan dari dokter spesialis mata yang lebih layak di Rumah Sakit Umum Abdul Moeloek di Bandar Lampung, ataupun rumah sakit di Jakarta.

Terlepas dari dugaan penyebab penyakit kanker mata itu karena terpapar radiasi layar ponsel akibat kecanduan gawai, Suherman berharap para orangtua harus lebih memantau atau membatasi anak-anaknya bermain gawai. (*)

BACA JUGA: Ngobrol Bareng bersama Anggota Kartu Petani Berjaya di Pringsewu

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong