Logo Saibumi

Studi: Menahan Nafas Justru Tingkatkan Risiko Terinfeksi Covid-19, Ini Sebabnya

Studi: Menahan Nafas Justru Tingkatkan Risiko Terinfeksi Covid-19, Ini Sebabnya

Foto: Ilustrasi/Istimewa

Saibumi.com - Menahan nafas dalam waktu lama bisa berdampak negatif pada paru-paru.

Menurut penelitian dari India, menahan nafas justru dapat meningkatkan peluang Anda terkena infeksi Covid-19.

BACA JUGA: Menkes Budi: Vaksinasi Covid-19 untuk Masyarakat Umum Dimulai April atau Mei 2021

Melansir dari Healthshots dan Suara.com -- jaringan Saibumi.com, Selasa, 12 Januari 202, peneliti Madras Institut Teknologi India (IIT) telah menemukan bahwa menahan nafas dapat meningkatkan risiko terinfeksi virus corona.

Risiko ini meningkat karena proses tetesan sarat virus yang diangkut ke paru-paru dalam meningkat dengan penurunan frekuensi pernapasan saat menahan napas.

Tim peneliti memodelkan frekuensi pernapasan di laboratorium dan menemukan bahwa frekuensi pernapasan rendah meningkatkan lamanya virus tinggal.

Hal ini yang kemudian akan meningkatkan kemungkinan pengendapan virus dan terjadinya infeksi.

Selain itu, struktur paru multiskala memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kerentanan seseorang terhadap Covid-19.

Penelitian ini dipimpin oleh Prof. Mahesh Panchagnula dari departemen mekanika terapan Madras IIT bersama timnya. Penelitian ini telah diterbitkan pada jurnal Physics of Fluids.

"Covid-19 telah membuka celah dalam pemahaman kita tentang penyakit sistemik paru yang dalam. Studi kami mengungkap misteri di balik bagaimana partikel diangkut dan disimpan di paru-paru bagian dalam," kata Panchagnula.

"Studi ini mendemonstrasikan proses fisik di mana partikel aerosol diangkut ke dalam paru-paru generasi yang dalam," imbuhnya.

Infeksi di udara seperti Covid-19 menyebar dengan sangat cepat melalui bersin dan batuk karena langsung mengeluarkan sejumlah besar tetesan kecil. (*)

BACA JUGA: WHO Tetapkan Kecanduan Main Game Sebagai Gangguan Mental

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong