Logo Saibumi

Mulai Didistribusikan, Ini Tiga Daerah di Lampung yang Dapat Jatah Vaksin Covid-19 Tahap Pertama

Mulai Didistribusikan, Ini Tiga Daerah di Lampung yang Dapat Jatah Vaksin Covid-19 Tahap Pertama

Simulasi vaksinasi Covid-19. (Foto: Humas Pemkab Gowa)

Saibumi.com, Bandar Lampung - Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Kesehatan mulai mendistribusikan vaksin COVID-19 ke tiga daerah.

Tiga daerah yang mendapat vaksin Covid-19 lebih awal yakni Kota Bandar Lampung, Metro dan Kabupaten Lampung Selatan.

BACA JUGA: Pasien Covid-19 di Metro Lampung Didominasi Klaster Keluarga

"Jadi sesuai perintah Kementerian Kesehatan (Kemenkes), kita tidak langsung serentak mendistribusikan vaksin ke-15 kabupaten/kota, tapi di tahap pertama ini hanya tiga daerah dahulu," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, Selasa, 12 Januari 2021.

Dia menyebutkan bahwa pada tahap pertama ini vaksin yang disalurkan ke tiga kabupaten/kota itu yakni sebanyak 14.497 dengan rincian Kota Bandar Lampung mendapatkan 9.624, Metro 2.587 dan Kabupaten Lampung Selatan 2.286.

"Jadi setelah 3 kabupaten/kota ini mendapatkan vaksin kemudian 12 daerah laginya kita menunggu informasikan dari Kemenkes," ujar Reihana, dilansir Suaralampung.id -- jaringan Saibumi.com - grup Suara.com.

Kadiskes menyebutkan bahwa terpilihnya tiga kabupaten/kota tersebut sebagai daerah pertama yang didistribusikan vaksin COVID-19, karena ada perhitungan khusus dalam penyuntikan vaksin pertama.

"Jadi nanti setelah 14 hari suntikan pertama vaksin ini, akan ada penyuntikan kedua. Jadi bukan vaksin yang ada di ruang pendingin itu kita langsung salurkan dan habiskan sekaligus ke kabupaten/kota," kata dia.

Hal tersebut, lanjut dia, guna menghindari terputusnya vaksin COVID-19 yang tersedia sehingga pada penyuntikan ke dua setelah 14 hari vaksin masih dapat mencukupi.

"Jadi jangan sampai vaksin ini terputus sehingga sudah ada yang dua minggu tidak disuntikkan kembali," kata dia.

Ia juga mengatakan bahwa penyuntikan pertama akan vaksin COVID-19 di Provinsi Lampung dilaksanakan pada Kamis, 14 Januari 2021.

"Kalau di provinsi penyuntikan vaksin akan dibuka  Kamis dan untuk kabupaten/kota Jumat (15 Januari 2021). Saya harap semuanya sudah siap saat pelaksanaan," pinta Reihana. (*)

BACA JUGA: Ini Edaran Satgas Covid-19 tentang Ketentuan Perjalanan Dalam Negeri 9-25 Januari 2021

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong