Logo Saibumi

KPU Bandar Lampung Terkejut Pemenang Pilkada 2020 Dibatalkan sebagai Peserta Pemilu

KPU Bandar Lampung Terkejut Pemenang Pilkada 2020 Dibatalkan sebagai Peserta Pemilu

Ketua KPU Bandar Lampung, Dedy Triadi. (Foto: Istimewa)

Saibumi.com, Bandar Lampung – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bandar Lampung mengaku terkejut dengan putusan sidang pelanggaran TSM (terstruktur, sistematis, masif) dari Bawaslu Lampung.

Ketua KPU Bandar Lampung, Dedy Triadi, mengatakan, putusan yang menyebutkan bahwa paslon nomor urut 03, Eva Dwiana-Deddy Amarullah untuk dibatalkan sebagai peserta pilkada, cukup mengejutkan.

BACA JUGA: Batalkan Kemenangan Eva-Deddy, Bawaslu Lampung Akan Dilaporkan ke DKPP

Sebab, pihaknya telah selesai melakukan pleno penetapan suara tingkat kota beberapa waktu lalu.

Pada pleno itu, tercatat paslon nomor 03 mendapatkan suara terbanyak yakni 249.134 suara atau 57,3 persen dari total 1700 TPS di 20 kecamatan.

“Ini keputusan yang cukup mengejutkan dari semua pihak. Tapi kita menghargai, karena ini putusan lembaga dan KPU berdasarkan regulasi akan menindaklanjuti,” kata Dedy, Rabu, 6 Januari 2021, dilansir dari Kompas pada Kamis, 7 Januari 2021..

Menurutnya, 'surprise' atas putusan Bawaslu Lampung tersebut adalah pembatalan paslon nomor urut 03 itu sebagai peserta pilkada, bukan hasil pleno.

“Amar putusannya meminta untuk membatalkan pencalonan, bukan hasil, karena kita baru rapat pleno rekapitulasi,” kata Dedy.

Koordinasi dengan KPU Provinsi dan Pusat

Atas dasar itu, Dedy mengatakan, pihaknya akan berkonsultasi terlebih dahulu dengan KPU Provinsi dan KPU RI.

“KPU Kota Bandar Lampung baru menerima salinan putusan tersebut sore ini (Rabu sore) dan masih dipelajari serta dikaji. Kami akan berkonsultasi ke KPU Provinsi dan KPU RI terkait menindaklanjuti putusan tersebut,” jelas dia.

Dedy mengatakan, konsultasi ini sebagai langkah agar pihaknya tidak terburu-buru mengambil sikap, terkait putusan pelanggaran TSM tersebut.

“Berdasarkan UU Nomor 10/2016 pasal 135A ayat 4, KPU kota memiliki waktu 3 hari kerja menindaklanjuti putusan tersebut,” terangnya.

Diketahui, majelis pemeriksa Bawaslu Lampung memutus pasangan calon (paslon) nomor urut 03, Eva Dwiana – Deddy Amarullah, terbukti melakukan pelanggaran TSM.

Dengan dasar putusan tersebut, Bawaslu memerintahkan KPU Kota Bandar Lampung membatalkan paslon nomor urut 03 sebagai peserta Pilkada 2020 Kota Bandar Lampung. (*)

BACA JUGA: Bawaslu Lampung Batalkan Kemenangan Eva Dwiana, Bansos Covid-19 Jadi Modus Politik Uang

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong