Logo Saibumi

Tips Ahass Astra Motor Natar Cara Mengecek Rantai Motor Sebelum Berkendara

Tips Ahass Astra Motor Natar Cara Mengecek Rantai Motor Sebelum Berkendara

Saibumi.com (SMSI) Bandar Lampung - Rantai motor memiliki peranan yang sangat penting dalam berkendara. Komponen yang satu ini berguna sebagai penerus putaran mesin dari transmisi ke roda belakang. Dengan begitu, roda belakang bisa melaju dan menggerakan kendaraan.

 

Karena peranannya yang cukup penting, maka komponen rantai motor yang satu ini harus selalu diperhatikan kondisinya secara berkala. Hal ini berguna untuk mendorong kinerja motor. Pada pembahasan berikut ini, terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memastikan bahwa rantai motor Anda dalam kondisi yang baik dan prima saat berkendara. 

 

Berikut cara mengecek rantai motor sebelum berkendara.

 

1. Pastikan Rantai Motor Tidak Berkarat

Rantai motor terbuat dari besi, yang dalam kondisi tertentu rantai ini bisa saja berkarat. Contoh kondisi yang menyebabkan rantai motor berkarat adalah karena terkena air hujan. Air hujan mengandung cairan asam yang dapat melarutkan pelumas pada area motor. Jika dibiarkan terlalu lama tanpa dibilas air akan memicu terjadinya korosi pada komponen logam atau besi.

 

Oleh karena itu, jika Anda berkendara pada musim hujan pstikan untuk segera melakukan pembilasan dengan menggunakan air bersih. dengan begitu, air hujan yang menempel akan larut dengan sendirinya. Begitu pula dengan rantai motor, sebaiknya segera bersihkan bagian rantai dan olesi dengan cairan pelumas agar rantai motor kembali optimal.

 

2. Pastikan Rantai Motor Tidak Kendur

Selanjutnya adalah memastikan bahwa rantai motor Anda tidak kendur. Hal ini karena rantai motor yang kendur dapat membahayakan keselamatan berkendara. Jika sudah mulai kendur, sewaktu-waktu bisa lepas dan lebih mudah cepat aus.

 

Menurut Kepala Bengkel Ahass Astra Motor Natar, Fadly Firdaus mengatakan penyebab rantai motor aus bisa disebabkan banyak hal, namun yang biasa terjadi adalah karena motor membawa beban yang berlebih alias tidak sesuai dengan kapasitasnya.

“Jadi, jika Anda tengah berpergian hindari mengangkut barang yang berlebih ya,” kata Fadly.

 

Cara memperbaiki rantai motor yang kendur adalah dengan membawa ke bengkel atau Anda bisa juga memperbaiki sendiri di rumah. Caranya adalah dengan melepas beberapa mata rantai, kemudian kencangkan kembali sesuai pemasangan.

 

3. Pastikan Rantai Motor Tidak Bersuara Saat Berkendara

Yang terakhir, Anda bisa mengecek rantai motor dengan mendengarkan suara dari rantai tersebut.

 

Jika rantai motor berbunyi berisik saat digunakan berkendara, itu artinya terdapat masalah pada rantai motor, dan Anda harus segera mencari tahu penyebabnya dan melakukan penanganan. faktor yang menyebabkan rantai motor berbunyi, diantaranya karena rantai yang berkarat, rantai kendur, rantai kotor, gir sudah aus hingga dikarenakan usia rantai motor yang sudah cukup lama.

 

Jika masalahnya gear motor sudah aus atau rantai motor Anda berusia cukup tua, maka solusinya adalah mengganti komponen tersebut dengan yang baru agar dapat bekerja secara maksimal.

 

Demikianlah beberapa yang bisa dilakukan untuk mengecek rantai motor agar selalu dalam kondisi yang prima sebelum berkendara. Selalu mengecek komponen mesin pada motor agar perjalanan Anda nyaman dan aman. Selamat berkendara.

 

 

 

 

Laporan Reporter Saibumi.com Eva Suryani

BACA JUGA: Simak Kelebihan GTR 150 Bersama NSS Kedaton

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong