Logo Saibumi

Pekan Depan, Para Kepala Daerah di Lampung Orang Pertama Disuntik Vaksin Covid-19

Pekan Depan, Para Kepala Daerah di Lampung Orang Pertama Disuntik Vaksin Covid-19

Fpto: Ilustrasi/Istimewa

Saibumi.com, Bandar Lampung - Para kepala daerah, yaitu gubernur, bupati dan wali kota di Lampung akan menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Covid-19.

Pemerintah Provinsi Lampung menjadwalkan suntik vaksin Covid-19 bagi kepala daerah itu pada pekan depan.

BACA JUGA: Sebanyak 39.707 Tenaga Kesehatan di Lampung Daftar Vaksinasi Covid-19

"Tadi sudah melakukan rapat secara daring dengan pemerintah pusat, dan diinfokan pada 14 hingga 15 Januari 2021 akan dilaksanakan vaksinasi di 34 provinsi," ujar Juru Bicara Satuan Tugas Penangan COVID-19 Provinsi Lampung, Reihana, Selasa, 5 Januari 2021.

Ia mengatakan vaksinasi pada 14 hingga 15 Januari akan dilakukan bagi kepala daerah atau wakil kepala daerah, tokoh agama, sekretaris daerah, ketua DPRD, forkopimda, direktur rumah sakit rujukan COVID-19, serta kepala dinas kesehatan.

"Kita diminta untuk menyiapkan 10 hingga 20 nama untuk dilakukan vaksinasi pada pekan depan. Bila kepala daerah berusia lebih dari 60 tahun, maka akan digantikan wakil kepala daerah. Semua nama akan dikirimkan ke Sekretaris Jendral Kementerian Dalam Negeri," jelas Reihana, dilansir Suaralampung.id -- jaringan Saibumi.com -- grup Suara.com.

Vaksinasi terhadap kepala daerah tersebut menjadi salah satu upaya untuk memberikan kepercayaan akan keamanan vaksin kepada masyarakat.

"Pada 13 Januari 2021, presiden akan melakukan vaksinasi nasional. Jajaran menteri serta kepala negara akan melakukan vaksinasi terlebih dahulu, dan selanjutnya kepala daerah pada 14 hingga 15 Januari. Namun kita masih menunggu keluarnya izin darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM," terang Reihana.

Senada dikatakan Ketua Posko Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Lampung, Irwan Sihar Marpaung.

"Kita sedang mengajukan nama - nama yang akan dilakukan vaksinasi dan nanti akan diberikan kepada gubernur," ujar dia.

Menurut Irwan, bila memungkinkan vaksinasi akan dilakukan di Posko Satuan Tugas COVID-19 Provinsi Lampung.

"Saat ini memang tengah mempersiapkan nama yang akan di vaksin, sembari menunggu informasi selanjutnya dari pemerintah pusat. Mungkin nanti akan dilakukan di Posko COVID-19 Provinsi Lampung agar dapat disaksikan," kata dia. (*)

BACA JUGA: Di-launching Presiden, Gubernur Lampung Salurkan Bantuan Tunai ke Masyarakat

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong