Logo Saibumi

Awal 2021 Corona Menggila di Indonesia, Pemerintah Tambah 10 Ribu Nakes di 1.141 Faskes

Awal 2021 Corona Menggila di Indonesia, Pemerintah Tambah 10 Ribu Nakes di 1.141 Faskes

Perawat menyiapkan tempat perawatan pasien Covid-19 tambahan. [Suara.com / F Firdaus]

Saibumi.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut jika kasus penyebaran Covid-19 naik pada akhir Desember 2020.

Bahkan kasus aktif meningkat sebesar 110.679 kasus per Minggu, 3 Januari 2021.

BACA JUGA: Banyak Info Hoaks soal Vaksin Covid-19, Kemenkes: Cek di Situs Resmi Ini

"Terkait dengan penanganan covid tadi dilaporkan oleh menteri kesehatan, terkait juga dengan pengembangan kasus aktif covid. Dimana malau kita lihat di akhir bulan Desember itu terjadi peningkatan sebesar, kasus aktif per 3 Januari 110.679," ujar Airlangga, usai mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Jokowi di Istana Negara, Senin, 4 Januari 2021.

Karena itu kata Airlangga, pemerintah perlu melakukan langkah-langkah, yakni mendorong optimalisasi tempat tidur pasien Covid-19 baik di tingkat pusat, rumah sakit umum daerah dan rumah sakit swasta.

Adapun peningkatan kapasitas tempat tidur ditargetkan sebesar 30 persen.

"Pemerintah pusat akan melakukan dengan rumah sakit rumah sakit pemerintah dialokasi daripada perawatan. Di mana, alokasi untuk penanganan Covid ditingkatkan menjadi 30 persen, dan Pak Menteri Kesehatan akan mempersiapkan hal tersebut," ujarnya, dilansir Suara.com -- jaringan Saibumi.com.

Kemudian langkah selanjutnya, Airlangga menuturkan pemerintah perlu melakukan penguatan protokol kesehatan berupa operasi kedisiplinan atau operasi yustisi, dan konsisten menjalankan 3 M dan 3 T secara tepat sasaran.

Kemenkes, kata Airlangga juga akan menambah tenaga kesehatan yakni perawat di 1.141 fasilitas kesehatan.

"Kementerian Kesehatan akan menambah jumlah daripada tenaga kesehatan targetnya 10.000, terutama peningkatan perawat di sejumlah 7.900 orang dari 1.141 di fasilitas kesehatan," tuturnya.

Selanjutnya kata Airlangga pemerintah akan melakukan penguatan implementasi tata laksana Covid-19 terutama di tempat yang non rujukan. (*)

BACA JUGA: Indonesia Akan Beli Vaksin Covid-19 AstraZeneca Tanpa Diuji Coba Efektivitasnya, Aman?

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong