Logo Saibumi

Banyak Info Hoaks soal Vaksin Covid-19, Kemenkes: Cek di Situs Resmi Ini

Banyak Info Hoaks soal Vaksin Covid-19, Kemenkes: Cek di Situs Resmi Ini

Info hoaks vaksin Covid-19. (Foto: Ilustrasi/Istimewa)

Saibumi.com - Belakangan banyak beredar informasi hoaks seputar vaksin Covid-19.

Hal ini membuat masyarakat kemudian ragu akan efektivitas vaksin tersebut.

BACA JUGA: Satu Warga Swiss dan Dua Orang Israel Meninggal Usai Disuntik Vaksin Covid-19 Pfizer

Tentunya, info hoaks tersebut bisa mengambat proses vaksinasi yang tengah dijalankan pemerintah.

Oleh sebab itu, masyarakat diminta agar waspada terhadap informasi yang salah mengenai vaksin Covid-19 dan beredar melalui pesan singkat, juga media sosial.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengajak masyarakat agar mengandalkan situs resmi untuk mengetahui informasi vaksin Covid-19.

"Kita selalu merujuk pada situs-situs resmi, yang pasti adalah situs covid19.go.id. Tentunya pemberitaan klarifikasi akan terus kita berikan, baik melalui KPCPEN maupun juga melalui kanal-kanal resmi Kementerian Kesehatan maupun Kementerian Kominfo," kata Juru Bicara vaksin Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi, dalam konferensi pers virtual, dilansir Suara.com -- jaringan Saibumi.com, Minggu, 3 Januari 2021.

Diakui Nadia, misinformasi mengenai vaksin masih marak terjadi. Karenanya masyarakat diingatkan agar telitu dalam mencari sumber informasi terpercaya.

"Karena pentingnya vaksinasi, pemerintah berupaya menghadirkan vaksin yang aman, efektif, dan sesuai arahan dari ITAGI, WHO, maupun ahli," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes itu.

Juru bicara Covid-19 dari Bio Farma, Bambang Heriyanto, mengatakan, edukasi kepada masyarakat menjadi tugas bersama, baik pemerintah juga media massa.

Berita hoaks terbaru mengenai vaksin Covid-19 yang beredar adalah mengenai informasi bahwa vaksin yang akan digunakan adalah untuk uji klinis.

Bambang menegaskan jika informasi itu salah. 

"Vaksin yang untuk uji klinis adalah vaksin yang hanya digunakan sekali saja. Sementar untuk vaksinasi program, ini menggunakan vaksin yang telah diproses, diproduksi secara massal dan akan digunakan setelah mendapatkan persetujuan dari BPOM. Jadi ini tugas kita semua termasuk media untuk memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat," tuturnya. (*)

BACA JUGA: Malam Tahun Baru 2021, Sejumlah Tempat Wisata di Lampung Ini Ditutup

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong