Logo Saibumi

Pakai Kartu JKN-KIS, Yulia: Biaya Persalinan Gratis

Pakai Kartu JKN-KIS, Yulia: Biaya Persalinan Gratis

Yulia Dwiyanti (Foto: Istimewa)

Saibumi.com, Bandarlampung - Yulia Dwiyanti (27) tampak bahagia setelah kelahiran anak pertamanya.

Ia merupakan salah satu peserta dari Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dari Candimas Natar, Lampung Selatan.

BACA JUGA: Vaksin Corona Tiba, Epidemiolog: Presiden dan Pejabat Negara Harus Pertama Kali Divaksin

Yulia mengatakan, biaya persalinan anak pertamanya itu ditanggung BPJS Kesehatan.

"Putra kami lahir dengan selamat dan sehat pada hari Sabtu, 5.Desember 2020, di RSIA Puri Betik Hati, Way Halim, Kota Bandar Lampung. Persalinannya pun lancar dan dijamin sepenuhnya oleh JKN-KIS tanpa ada biaya tambahan sepeser pun," ujarnya, Kamis, 10 Desember 2020.

Yulia bersyukur sudah menjadi peserta JKN-KIS, sehingga tidak ada kekhawatiran biaya rumah sakit jika nanti dia ataupun keluarganya ada yang sakit.

Hanya tinggal klaim saja, maka semua bisa gratis, Ia pun mendapatkan fasilitas kelas 1 selama menjadi peserta JKN-KIS tersebut.

"Syukurnya kami dijelaskan oleh pihak rumah sakit dan BPJS Kesehatan terkait mekanismenya, sehingga kami tidak mengalami kendala saat mengakses pelayanan persalinan putra kami," jelas Yulia.

Menurut dia, semua pelayanan yang didapatkannya berjalan dengan lancar tanpa ada permasalahan.

Mulai dari awal ia memeriksakan kandungan di sana, hingga saat hari persalinannya tiba.

"Pelayanan yang saya dapatkan tidak ada bedanya dengan pasien lainnya, semua berjalan lancar karena saya mengikuti prosedurnya, termasuk prosedur untuk mendaftarkan anak saya pun lancar dan mudah," urai Yulia.

Dari awal hamil, dia dan suami sudah sepakat, apapun cara melahirkan nanti, mereka berdua siap, asal ibu dan anak selamat.

"Akhirnya dimulailah petualangan saya memperjuangkan hak saya sebagai warga Negara Indonesia dengan memproses melahirkan secara Caesar, yang direncanakan melalui program BPJS," ungkap Yulia.

Dan akhirnya, dia bisa melahirkan secara Caesar gratis menggunakan BPJS Kesehatan dan terencana melalui proses yang lumayan menyita waktu.

"Lumayan, menghemat biaya sekian belas juta untuk melahirkan secara Caesar, yang uangnya bisa untuk belanja keperluan si kecil," tutupnya.

Saat ini Yulia Dwiyanti sedang menjalani masa pemulihan pasca melahirkan dan harus menjalani kontrol rutin, hingga kondisinya dinyatakan kembali normal.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada faskes yang telah memberikan pelayanan terbaik, serta pemerintah yang telah menghadirkan program JKN-KIS," tutupnya.(SB05)

BACA JUGA: Besok Pilkada! Satgas Covid 19: Ingat, Angka Pasien Naik, Kesembuhan Turun

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong