Logo Saibumi

Waspada! Ini Gejala Covid-19 yang Tidak Banyak Diketahui

Waspada! Ini Gejala Covid-19 yang Tidak Banyak Diketahui

Foto: Ilustrasi/Istimewa

Saibumi.com - Pandemi Covid-19 telah melanda dunia lebih dari sepuluh bulan. Ada banyak hal yang telah diketahui.

Namun, meski terpengaruh begitu lama, banyak yang masih harus diungkap. Terutama, dalam hal memahami dan mengidentifikasi gejala Covid-19, masih banyak yang belum diketahui oleh masyarakat.

BACA JUGA: Dokter Lintas Batas Minta Monopoli Obat Dihentikan saat Pandemi Covid-19

Dengan merebaknya virus corona baru, banyak gejala yang muncul ke permukaan. Sementara daftarnya terus bertambah, ada beberapa gejala yang tetap menjadi yang paling umum dan umum di antara yang terinfeksi.

Adapun gejala yang paling umum adalah, demam, batuk kering, sakit tenggorokan, hidung berair dan tersumbat, nyeri dada dan sesak napas, kelelahan, infeksi saluran cerna, serta hilangnya indera penciuman dan perasa.

Meskipun demam, batuk, dan sesak napas adalah beberapa tanda Covid-19 yang paling umum, banyak orang tampaknya mengabaikan gejala yang kurang umum atau tidak mungkin terjadi pada pasien yang terinfeksi virus.

Dilansir dari Times of India dan Suara.com -- jaringan Saibumi.com, Senin, 23 November 2020, sesuai laporan yang diterbitkan oleh American Journal of Gastroenterology, novel coronavirus dapat menyebabkan masalah gastrointestinal yang parah pada pasien.

Dalam data yang mengamati 204 pasien di China, 48,5 persen menderita masalah perut.

Pasien dengan Covid-19 mengeluh sakit perut sebelum mengembangkan gejala lain yang lazim untuk penyakit tersebut.

Masalah gastrointestinal lainnya termasuk diare, mual dan sembelit.

Selain itu, kasus infeksi mata pada banyak pasien Covid-19 juga meningkat belakangan ini.

Konjungtivitis seperti kemerahan dan pembengkakan jaringan putih di mata, telah diidentifikasi sebagai gejala yang jarang tetapi lazim pada pasien virus corona.

Ini dapat menyebabkan rasa gatal dan kemerahan yang hebat pada mata, setelah itu dapat menyebabkan komplikasi yang parah.

Kemudian, walaupun kelelahan dan rasa lelah telah diakui sebagai gejala umum pada pasien Covid-19, beberapa orang juga melaporkan keluhan kelelahan mental, yang juga dikenal sebagai kabut otak.

Meskipun kita harus waspada terhadap tanda-tanda paling umum dari virus mematikan, tanda dan gejala lain yang kurang dikenal tidak boleh diabaikan.

Semua harus tetap waspada dan melakukan tes diri Anda segera setelah mereka mengembangkan gejala potensial. (*)

BACA JUGA: Dunia Kesehatan Sambut Positif Kehadiran Vaksin Covid-19

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong