Logo Saibumi

Menkeu Sri Mulyani: Pengangguran Meningkat, Kini Jumlahnya 9,77 Juta Orang

Menkeu Sri Mulyani: Pengangguran Meningkat, Kini Jumlahnya 9,77 Juta Orang

Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Istimewa)

Saibumi.com, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, akibat pandemi Covid-19 jumlah pengangguran di Indonesia bertambah.

Pada periode Agustus 2020, bertambah 2,67 juta orang sehingga total menjadi 9,77 juta orang.

BACA JUGA: Kemendikbud Butuh Satu Juta Guru Kontrak Non PNS, Ayo Daftar

"Jumlah pengangguran di pedesaan meningkat dari 3,9 juta orang tahun lalu menjadi 4,71 juta orang, pengangguran perkotaan juga mengalami kenaikan yang lebih tinggi yaitu dari 6,2 persen menjadi 8,98 persen," ujar Sri Mulyani, dalam konferensi pers APBN KiTa, dilansir Suara.com -- jaringan Saibumi.com, Senin, 23 November 2020.

Kemudian terdapat tambahan angkatan kerja baru sebesar 2,36 juta orang. Namun, jumlah itu tak diimbangi lapangan kerja yang hanya bisa menampung 0,31 juta orang.

Sedangkan, dari 29,12 juta angkatan kerja yang terdampak Covid-19, sebanyak 2,56 juta orang telah menganggur.

"Jadi tentu ini akan mempengaruhi tingkat kesejahteraan mereka," kata dia.

Di lihat dari sisi sektor, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia menilai banyak pekerja yang justru sekarang bekerja di sektor informal.

Adapun, pekerja sektor formal turun dari 44,12 persen menjadi 39,53 persen. Sementara, pekerja sektor informal justru naik jadi 60,4 persen.

"Ini tantangan yang harus tetap kita harus selesaikan akibat covid dan covidnya belum hilang jadi kita juga perlu untuk terus waspada agar Covid tetap bisa terkendalikan," kata dia.(*)

BACA JUGA: Digitalisasi, Cara UMKM Bertahan di Masa Pandemi Covid-19

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong