Logo Saibumi

Setahun Pandemi Covid-19, Ini Negara-negara yang Masih Bebas Corona

Setahun Pandemi Covid-19, Ini Negara-negara yang Masih Bebas Corona

Foto: Ilustrasi/Istimewa

Saibumi.com - Setahun sudah pandemi Covid-19 berlangsung sejak kasus pertama ditemukan pada November 2019 lalu di Wuhan, China.

Sebanyak 218 negara telah melaporkan kasus virus yang mudah menular itu.

BACA JUGA: Persiapan Hari HAM Sedunia, Jokowi Diminta Tidak Hanya Seremoni

Bahkan, menurut data worldmeters, Jumat, 20 November 2020, ada 57.259.974 total kasus yang dilaporkan di seluruh dunia, dengan jumlah kematian mencapai, 1.365.995 orang.

Mengejutkannya, masih ada beberapa negara di luar sana yang belum melaporkan satu kasus pun Covid-19.

Dua kandidat yang paling meragukan adalah Turkmenistan dan Korea Utara, negara otoriter yang masih menyangkal pandemi telah menyebar di dalam perbatasan mereka.

Dikutp dari Statista dan Suara.com -- jaringan Saibumi.com --  para pengamat memang membantah dan menyatakan kedua negara hampir pasti pernah mengalami kasus Covid-19.

Di Turkmenistan, ada laporan orang-orang yang diduga mengalami gejala virus corona dan meninggal sementara pemerintah tetap bungkam.

Sementara itu, di Korea Utara, terdapat kasus yang dicurigai di kota perbatasan Kaesong yang mendorong Kim Jong-un untuk melakukan penguncian selama tiga minggu di wilayah tersebut.

Keputusan itu dicabut sementara media pemerintah tidak pernah berkomentar tentang hasilnya.

Pada April lalu, kurangnya penampilan publik oleh Kim Jong-un menyebabkan desas-desus bahwa beberapa bentuk krisis, mungkin Covid-19, memang telah melanda negara itu.

Dia kemudian muncul kembali saat pembukaan pabrik pupuk, dalam keadaan hidup dan sehat, setelah absen selama 20 hari.

Sementara para ahli membantah klaim Korea Utara bahwa mereka tidak memiliki kasus, sangat mungkin bahwa isolasi dari bagian dunia lain sekarang menguntungkannya.

Negara ini juga salah satu yang pertama menutup perbatasannya sebagai tanggapan atas ancaman tersebut dan tindakan dini tersebut mungkin terbukti efektif dalam menahan penyebaran penyakit.

Tidak termasuk sensor dan sifat rahasia rezim di Korea Utara dan Turkmenistan, per 13 November 2020, sejumlah negara lain dengan andal melaporkan tidak ada kasus Covid-19.

Mereka semua adalah negara pulau yang terletak di Pasifik Selatan: Palau, Mikronesia, Kiribati, Tuvalu, Samoa dan Tonga.

Tapi hari ini, Samoa melaporkan kasus pertamanya. Sehingga negara yang masih bebas dengan kasus virus corona antara lain ialah, Palau, Mikronesia, Kiribati, Tuvalu, Korea Utara, Turkmenistan dan Tonga. (*)

BACA JUGA: Launching State of Islamic Economy Report 2020/2021

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong