Logo Saibumi

Istri Kapolda Lampung Beberkan Kiat Sukses Wirausaha Bhayangkari Lampung

Istri Kapolda Lampung Beberkan Kiat Sukses Wirausaha Bhayangkari Lampung

Saibumi.com (SMSI) Bandar Lampung - Media Femina menggelar bincang kiat sukses wirausaha Bhayangkari Lampung dengan mengundang narasumber dari Ketua Bhayangkari Daerah Lampung Ny.Sarie Purwadi Arianto, Ny.Susi Yati Yasin yang merupakan pengelola Rajawali Tapis (PC Bhayangkari Pesawaran) dan juga Ny Fitriani Arsyad yang mengelola kerajinan BB Koe Bag dari (Pc Bhayangkari Pimstaf).

Acara yang digelar dengan live di akun facebook Femina Media pada kamis, 19 November 2020 pada pukul 10.00 WIB dipandu host Petty S Fatimah selaku editorial Director Prana Group dan Editor in Chief Femina.

Dalam paparannya, Sarie yang merupakan istri Kapolda Lampung ini menjelaskan pihaknya sudah membangun Kemala Siger Butik yang merupakan sebagai rumah kreatif bayangkari yang diperuntukan wadah seluruh anggota Bhayangkari yang berlokasi di depan Rumah Dinas Kapolda Lampung.

Ketua Bhayangkari Daerah Lampung, Sarie Purwadi Arianto membeberkan kiat kiat sukses wirausaha binaan Bhayangkari Polda Lampung.

Sarie mengatakan para anggota Bhayangkari didorong untuk tetap berkreativitas selama masa pandemi. Menurutnya aktivitas dari rumah bisa menghasilkan sebuah produk yang mempunyai nilai jual.

"Kami sudah mendata, justru saat pandemi ini wirausaha binaan Bhayangkari Polda Lampung itu makin banyak," kata Sarie.

Sarie mengatakan, ada 75 wirausaha binaan Bhayangkari seperti produk ekonomi kreatif, jasa klinik kecantikan, toko sembako, wedding organizer, warung bakso dan makanan kemasan.

Ia menjelaskan, dampak positif dari pandemi karena kegiatan bhayangkari dibatasi dan hanya di rumah saja, justru membuat ibu-ibu bhayangkari yang memiliki potensi, bakat, ketrampilan dan keahlian atau hobi dibuat menjadi produktif untuk membantu perekonomian keluarga.

Sejumlah hasil kreativitas Bhayangkari ini dipajang dan dipasarkan langsung di Rumah Kreatif Bhayangkari, yang berada tepat di depan kediaman dinas Kapolda Lampung, Jalan KS Tubun No. 36, Rawa Laut, Bandar Lampung.

Menurutnya Rumah Kreatif Bhayangkari merupakan wadah untuk promosi dan berjualan baik secara offline maupun online untuk wirausaha Bhayangkari daerah lampung.

"Penjualan juga dilakukan secara online, kalau dulu sebelum pandemi banyak tamu dari luar juga datang langsung ke butik," kata Sarie.

Selain itu, Rumah Kreatif Bhayangkari Lampung mengangkat kearifan lokal wastra Lampung seperti Tapis, Celugam yang bisa dipakai dalam keseharian misalnya tas, dompet, baju, outer, sepatu, jilbab.

Ia menambahkan, UMKM Bhayangkari juga mendapat bantuan modal usaha dari Bapak Kapolri selaku Pembina Utama Bhayangkari dan juga Pelatihan-pelatihan untuk UMKM Bhayangkari melalui webinar.

"Ini merupakan program pembinaan dari Ibu Ketua Umum Bhayangkari kepada seluruh UMKM Bhayangkari se-Indonesia," kata Sarie.

Menurut istri dari Kapolda Lampung ini hasil karya kerajinan yang di tampilkan diRumah  Kreatif sangat berbeda dengan apa yang dijual dibutik luar atau pun tempat pembelanjaan Bambu Kuning.

"Ini berbeda apa yang dijual di Bambu Kuning ataupun Butik yang ada di luaea. sana, saya harap ini bisa menjadi destinasi dan tamu tamu bisa beli oleh oleh khas Lampung yang keren sekali disini ada outer dari tapis celugam,” jelasnya.

Di sisi lain Ibu Susi Herizal pemilik usaha Rajawali tapis yang juga seorang Bayangkari Tapis melanjutkan usaha ibundanya yang sempat bangkrut dan mengalami penurunan omset dan kini kembali berjaya.

“Usaha ibu saya sempat mengalami penurunan omset karena persaingan usaha dan saya terdorong untuk melanjutkan usaha beliau karena  pengrajin kami banyak diberhentikan dan kini saya meneruskan usaha keluarga dan berjalan sampai saat ini karena kami memiliki ciri khas yang berinovatif bahan tenun yang berkualitas dan motif yyang selalu mengikuti tren dan diminati masyarakat seperti tapis motif tradisional yang kita buat ke baju, dompet, sepatu yang memiliki motif terbaru dari tapis," pungkasnya.

 

 

 

 

Laporan Reporter Saibumi.com Eva Suryani

BACA JUGA: Arinal Lantik Anggota KPID Provinsi Lampung Masa Jabatan 2020-2023

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong