Logo Saibumi

Pembangunan Wisata Sumur Putri dan Air Panas Dibantu DAK Rp1,1 M

Pembangunan Wisata Sumur Putri dan Air Panas Dibantu DAK Rp1,1 M

Saibumi.com (SMSI) Bandar Lampung - Pemerintah Kota Bandar Lampung mendapatkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat, pada pembangunan wisata Sumur Putri dan Pemandian Air Panas di Teluk Betung Selatan.

Dengan pertimbangan keuangan dari Kementerian Pariwisata, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan, Pemkot Bandar Lampung mendapat kucuran anggaran sebanyak Rp1,1 miliar.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Bandar Lampung, M. Yudhi mengatakan, dana DAK yang digelontorkan pemerintah pusat diperuntukan melengkapi fasilitas di dua lokasi wisata, Sumur Putri dan pemandian air panas.

"Alhamdulillah kita diakhir tahun ini dapat bantuan dari kementerian dengan angaran Rp1,1 miliar untuk kedua lokasi, tapi ada tambahan lagi dana hibah kita untuk revitalisasi di sumur putri sekitar Rp2,2 miliar," jelas Yudhi.

Yudhi mengatakan, dengan adanya bantuan DAK, dapat menjadi awal langkah Pemkot Bandar Lampung memiliki destinasi unggulan. Saat ini pembangunan sudah berjalan dan akan direalisasikan pada awal tahun depan.

"Tahapannya sudah masuk 70 persen tinggal finishing lagi, Januari 2021 bisa dibuka tapi harapannya kita secepatnya," jelas Yudhi.

Meski belum terbilang lengkap dengan fasilitas, lanjut Yudhi, kawasan tersebut sudah ramai pengunjung. Tidak hanya dari wisatawan lokal, tapi juga banyak pendatang dari wilayay lain.

"Sudah banyak yang datang warga dari Bandung, Palembang dan Bangka Belitung sudah pada mandi di sini. Belum jadi saja sudah ramai, apalagi jika sudah dibuka," ungkapnya.

Pihaknya berharap Sumur Putri dan Pemandian Air Panas jadi tujuan wisata favorit masyarakat Kota Bandar Lampung, sekaligus wadah para UMKM dan seniman.

"Jadi nanti tempat ini akan lebih ramai lagi karena banyak penunjangnya, ada 10 stand foodcourt, toilet, pangung dan lokasi bermain anak-anak," jelasnya.

Sementara saat ditanya terkait dengan tiket masuk lokasi tersebut, Yudhi menyebut akan dibuka secara umum dan sesuai kebijakan Wali Kota Herman HN yang menginginkan secara gratis.

"Pak wali kota mana mau jika bayar- bayar, tapi mungkin mereka nantinya akan mengelola biaya parkir, dan peruntukannya bagi keamanan kendaraan pengunjung," pungkasnya.

 

 

 

Laporan Reporter Saibumi.com Siska Purnama Sari

BACA JUGA: Wujudkan Difabel Berkarya, DT Peduli Lampung Support Modal Usaha Warung Sembako

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong