Logo Saibumi

Wabup Lampung Barat Serahkan Penghargaan kepada 15 Grup Orkes Gambus

Wabup Lampung Barat Serahkan Penghargaan  kepada 15 Grup Orkes Gambus

Foto: Edi Saputra/Saibumi.com

Saibumi.com, Lampung Barat (SMSI) - Pelaku seni daerah tradisional Orkes Gambus (OG) di Lampung Barat (Lambar) menerima penghargaan dari pemkab setempat, yang diserahkan Wakil Bupati (Wabup) Mad Hasnurin kepada peserta OG, yang dilombakan secara virtual beberapa waktu lalu.

Peserta lomba yang mendapatkan penghargan berupa piagam, piala dan uang pembinaan tersebut diambil dari enam katagori, yaitu tiga grup penampilan terbaik, satu organisasi yang aktif dalam seni dan empat OG katagori legendaris (tertua dan eksis).

BACA JUGA: Bupati Lampung Barat Berduka, Sang Ibunda Tutup Usia

Lalu, satu OG penampilan busana terbaik, satu OG penampilan milenial dan tiga OG berdasarkan like video terbanyak.

Wabup sangat mendukung orkes yang terus dicintai dan diminati masyarakat.

Pemkab Lambar dalam hal ini tentu berterima kasih atas partisipasi masyarakat untuk menggalakkan seni budaya di kabupaten tersebut.

"Kami atas nama pemerintah daerah sangat mengapresiasi semangat para peserta lomba. Meskipun tahun ini melalui lomba virtual, tetapi peminatnya sangat banyak. Itu terbukti yang mengikuti lomba dari semua kalangan masyarakat, muda-mudi, para orang tua bapak dan ibu," kata wabup, Senin, 16 November 2020.

Diharapkan ke fepan kegiatan seni di Lambar bisa terus dipertahankan, baik Orkes Gambus maupun Nyambai, karena seni merupakan warisan turun-temurun hingga saat ini.

"Ke depan tentunya seni budaya ini melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) akan terus digalakkan, dengan mengadakan berbagai perlomban," ujar wabup.

Kepala Disparpora Lambar, Tri Umaryani, mengatakan seni bisa meningkatkan daya tarik wisata, karena pagelaran seni dan atraksi yang dilakukan di tempat wisata bisa mendatangkan minat wisatawan.

"Kami terus berusaha menggandeng dan menampilakan seni-seni yang ada di kabupaten ini, dengan cara mengadakan perlomban. Bagi kami, selain untuk mempertahankan budaya, juga meningkatkan daya tarik wisata, karena seni merupakan sektor ekonomi kreatif," ungkap dia.

Salah satu penerima penghargaan, Herlambang dari Grup OG Penyimbang Bawang Limbang, Pekon Bedusu, mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemkab Lambar, dan memberikan ruang para seni orkes untuk menyalurkan hobi serta bakatnya dengan menggelar perlombaan.

"Orkes kami mendapatkan penghargaan dengan katagori OG legendaris dan masih aktif. Tentunya kami masih banyak kekurangan dan berharap dukungan dari semua pihak, terutama Pemkab Lambar, untuk terus berkarya dan ke depan bisa lebih baik lagi," kata dia.(*)

Laporan Reporter Saibumi.com: Edi Saputra

BACA JUGA: Diduga Korsleting Listrik, Satu Rumah di Puralaksana Ludes Dilalap Api



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong