Logo Saibumi

Tim Eva-Deddy Lapor Perusakan APK, Bawaslu Akan Kaji Syarat Formil dan Materil

Tim Eva-Deddy Lapor Perusakan APK, Bawaslu Akan Kaji Syarat Formil dan Materil

Saibumi.com (SMSI) Bandar Lampung - Tim Pemenangan Pasangan Calon (Paslon) Nomor 03 melaporkan adanya dugaan perusakan Alat Peraga Kampanye (APK), ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bandar Lampung, Kamis 12 November 2020.

Menanggapi lapoean tersebut, Ketua Bawaslu Kota Bandar Lampung Candrawansah akan melakukan kajian atas laporan perusakan APK milik paslon Walikota dan Wakil Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana-Deddy Amarullah.

 "Hari ini kami menerima laporan dari tim paslon 03 terkait dengan adanya dugaan perusakaan alat peraga kampanye, pihak pelapor juga sudah membawa beberapa barang bukti," kata Candrawansah.

Chandra menjelaskan, bahwa disetiap laporan perusakan APK harus memenuhi syarat formal dan materiil agar Bawaslu bisa langsung melakukan kajian untuk ditindaklanjuti.

"Harus jelas siapa yang melapor, siapa yang dilaporkan, alamat terlapor, kapan kejadiannya, apa buktinya, dan saksi minimal dua orang. Untuk selanjutnya dilakukan pengkajian awal, dan kita rapat pembahasan kepada pihak Gakumdu Bandar Lampung," ungkapnya.

Ia menjelaskan, terkait dengan Perbawaslu 8 tahun 2020 tentang Penanganan Pelanggaran Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota memberikan ruang selama 5 hari bagi jajaran pengawas pemilihan untuk sampai pada register laporan.

"Laporannya tadi sudah diinventarisasi sekretariat Bawaslu, ada ruang selama 5 hari yang bisa dipergunakan untuk 2 hari membuat kajian awal, 1 hari menyampaikan ke pelapor tentang keterpenuhan syarat formal dan materiil, dan 2 hari untuk pelapor menyampaikan kekurangan syarat formal dan materiil," terangnya.

Diketahui, tim koalisi melaporkan perusakan alat peraga kampanye (APK) sebanyak 42 banner di 38 titik yang tersebar di 10 kecamatan dan 15 kelurahan. Berdasarkan hasil inventarisir Bawaslu dari pihak tim koalisi perusakan APK tersebar di:

- Telukbetung Selatan; Talang (3), Gedung Pakuon (1).

- Telukbetung Timur; Kota Karang (1).

- Telukbetung Barat; Perwata (1).

- Telukbetung Utara; Sumur Batu (1), Gulak Galik (1).

- Enggal; Pahoman (4), Pelita (2), Rawa Laut (5).

- Way Halim; Jagabaya III (1).

- Sukabumi; Sukabumi (7), Nusantara Permai (4).

- Kemiling; Beringin Jaya (1).

- Langkapura; Langkapura (2).

- Kedaton; Kedaton (4).

 

 

 

Laporan Reporter Saibumi.com Siska Purnama Sari

BACA JUGA: RS Rujukan COVID-19 Overload, Pemkot Cari Pinjaman Lokasi Isolasi



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong