Logo Saibumi

Patut Dicontoh, Pasar Wayhalim Aman dari Produk Pangan Berbahaya

Patut Dicontoh, Pasar Wayhalim Aman dari Produk Pangan Berbahaya

Saibumi.com (SMSI) Bandar Lampung - Sebagai strategi implementasi program penyelenggaraan pasar aman, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memberikan penghargaan kepada pasar traditional yang bebas dari bahan pangan tidak sehat.

Di Bandar Lampung, Pasar Way Halim diserukan sebagai satu pasar yang bebas dari bahan pangan berbahaya, khususnya bahan pengawet kimiawi.

Hal tersebut terungkap dari sebuah penghargaan yang diberikan BPOM RI kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung, kesuksesan kerjasama dalam penyelengaraan program tersebut di Pasar Way Halim.

Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito mengatakan, Pasar Wayhalim diharapkan menjadi contohan untuk daerah lainnya. Dengan penghargaan tersebut dapat memotivasi pasar-pasar tranditional lain agar bebas dari bahan pangan bahaya.

"Tentunya saya mengapresiasi Pemerintah Kota Bandar Lampung atas capaian ini. Ini adalah satu pencapaian yang bagus dan mudah-mudahan lebih banyak pasar dengan bahan pangan aman di kota ini, dan mudah-mudahan di Indonesia juga semakin menjamur pasar yang terbebas dari bahan pangan berbahaya," kata Penny di Novotel Bandar Lampung, Jum'at 16 Oktober 2020.

Wali Kota Bandar Lampung Herman HN menjelaskan, penghargaan ini merupakan salah satu bentuk apresiasi yang diberikan oleh Badan POM RI untuk Pemerintah Kota Bandar Lampung terhadap keamanan pangan nasional.

“Kota Bandar Lampung mendapat apresiasi atau penghargaan dari BPOM RI karena dianggap sebagai pemerintah daerah yang begitu peduli terhadap keamanan pangan,” ujar Wali Kota Herman HN.

Herman HN menjelaskan, pencapaian tersebut tidak lepas dari kerjasama antara Dinas Ketahan Pangan, BPOM Bandar Lampung, dan para pedagang yang peduli terhadap konsumennya.

"Ini kerja sama antara pemerintah dan pedagang agar semua masyarakatnya sehat selalu, pembeli dan pedangan harus tertib cek makanannya,  bebas dari formalin bebas dari semua pengawet-pengawet," jelasnya.

Dengan diraihnya penghargaan pasar Way Halim sebagai pasar aman ini, diharapkan para pedagang mempertahankan kulitas bahan bahan pangannya. Terlebih, memotivasi pasar traditional lainnya di kota Bandar Lampung.

"Terimakasih karena pasar Way Halim menjadi nomer satu di Indonesia menjadi pasar yang aman, tidak menjual bahan pangan berbahaya. Kami terus upaya tingkatkan mutu," pungkasnya.

 

 

 

Laporan Reporter Saibumi.com Siska Purnama Sari

BACA JUGA: Junaidi Auly Dorong BI Lampung Lebih Berkontribusi Tingkatkan Ekonomi Daerah

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA