Logo Saibumi

Kiat Rawat Motor Menjaga Shockbreaker Tetap Awet Bareng Astra Motor Imam Bonjol

Kiat Rawat Motor Menjaga Shockbreaker Tetap Awet Bareng Astra Motor Imam Bonjol

Saibumi.com (SMSI) Bandar Lampung - Suspensi atau shockbreaker sepeda motor berfungsi meredam benturan atau hentakan. Terutama yang timbul saat kondisi permukaan jalan tidak rata atau ketika melewati jalan rusak.

Menurut Bobby, Mekanik AHASS Astra Motor Imam Bonjol, jika performa motor tidak stabil atau oleng, memang ditentukan banyak hal. Bukan hanya dari kondisi ban yang tak lagi presisi, atau pelek yang mulai miring-miring atau speleng tapi pertandanya juga bisa dari shockbreaker yang sudah rusak.

"Periksa shockbreaker dan lihat apakah ada oli yang rembes di tabungnya. Kalau ada maka shockbreaker dipastikan bocor. Itu yang menyebabkan tekanannya tidak stabil atau tidak sama," papar Bobby.

Untuk mengatasi masalah tersebut Bobby membeberkan tipsnya

Hindari Ngebut di Jalan Rusak

Usahakan sebisa mungkin untuk menghindari jalan berlubang. Kalaupun harus berhadapan dengan kondisi jalan yang kurang rata, mengemudilah dengan pelan-pelan. Lalu jangan menerjang lubang pada kecepatan tinggi yang akan menyebabkan suspensi bekerja lebih keras. Tetapi apabila jalan itu adalah satu-satunya akses yang dapat dilalui, setidaknya pelankan saja laju motor kamu.

Sering-Sering Bersihkan

Kemudian usahakan pula untuk sering membersihkan shockbreaker dari kotoran yang menempel. Karena jika ada kotoran di sisi-sisi yang bekerja, maka akan mempercepat keausan seal (karet) ataupun piston.

Jangan Bawa Beban Berat

Apabila beban berlebih, artinya suspensi juga harus bekerja keras. Risikonya, komponen shockbreaker akan cepat aus dan sulit bekerja maksimal. Jika sudah seperti ini, bodi akan terasa mudah goyang saat dikendarai.

Jangan Pasang Anting-Anting Peninggi

Penting di ingat, untuk sok bagian belakang sangat tidak dianjurkan sekali untuk menambahkan anting-anting shock. Baik untuk menambah tinggi posisi atau sekedar gaya. Sebab dapat membuat fungsi kerja shockbreaker akan terganggu atau sama sekali tidak akan berfungsi. Dan membuat fungsinya berjalan kurang maksimal.

Perhatikan bagian tabung silinder shock depan (stanchion)

Jika kotor atau habis kehujanan bersihkan dengan menggunakan air biasa. Setelah itu keringkan dengan menggunakan lap yang bersih hingga benar-benar kering.

Lakukan Penggantian Oli Sokbreker

Apabila pemotor merasakan ayunan shockbreaker depan motor jadi tak enak, segera lakukan penggantian oli shockbreaker. Biasanya penggantian oli dilakukan 2-3 tahun sekali.

 

 

Laporan Reporter Saibumi.com Eva Suryani

BACA JUGA: Peringati Hari Ozon, AHM Dukung Aktivis Lingkungan dengan 1.000 Sembako

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA