Logo Saibumi

Ini Loh Alasan Busi Wajib Rutin Diganti

Ini Loh Alasan Busi Wajib Rutin Diganti

Saibumi.com (SMSI) Bandar Lampung - Penyebab mesin sepeda motor susah dihidupkan atau mogok adalah tidak bekerjanya sistem pengapian. Salah satu sumber pengapian berasal dari busi. Karena itu peran busi sangat vital.

"Sistem pengapian atau pembakaran tidak sempurna, campuran bahan bakarnya jadi kurang ideal. Bisa juga karena filter udaranya kotor yang menyebabkan aliran udara terhambat masuk ke ruang bakar sehingga bensin terlalu kaya. Sehingga busi sulit untuk membakar campuran tersebut. Sisa campuran yang tidak terbakar menyebabkan busi kotor atau mati," ujar Robby, Mekanik AHASS Astra Motor Imam Bonjol.

Sama seperti komponen lainnya, busi juga butuh perawatan supaya tidak kotor sehingga kinerjanya tetap stabil dan apinya tidak lemah. Selain itu perhatikan juga umur busi, apabila sudah cukup lama digunakan lebih baik diganti.

“Untuk perawatan busi supaya tidak cepat mati sebaiknya diperiksa dan dibersihkan secara berkala setiap kelipatan 4.000 kilometer untuk sepeda motor tipe matik dan cub (bebek). Sedangkan tipe sport kelipatan 6.000 kilometer. Lakukan penggantian setiap 8.000 kilometer untuk semua tipe," paparnya.

Selain mengganti dan merawat busi, jangan lupa rutin membersihkan filter udara. Sebab, sekalipun busi baru dan bersih sementara filter udara kotor maka motor tetap tak bisa dinyalakan atau berpotensi mogok di jalan.

AHASS Astra Motor Imam Bonjol yang beralamat di Jalan Imam Bonjol No. 273, Gedong Air, Tanjung Karang Barat. Info lebih lanjut hubungi 0852-1822-3353.

 

 

 

Laporan Reporter Saibumi.com Eva Suryani

BACA JUGA: Gubernur Pimpin Pemusnahan Rokok dan Minuman Keras Ilegal

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA