Logo Saibumi

Yuk Intip Faktor Air Masuk ke Tangki Bensin Bersama Astra Motor Imam Bonjol

Yuk Intip Faktor Air Masuk ke Tangki Bensin Bersama Astra Motor Imam Bonjol

Saibumi.com (SMSI) Bandar Lampung - Sebagian pemilik sepeda motor pernah mengalami atau menemukan bahan bakar kendaraan tercampur air. Jika Anda mengalaminya sendiri terutama saat mudik Lebaran, jangan panik.

Kepala Bengkel AHASS Astra Motor Imam Bonjol, Suroso mengatakan, masalah tersebut terjadi bukan hanya karena bahan bakar di SPBU tercemar air. Bisa pula karena pengendara nekat menerobos banjir atau saat mencuci motor air masuk.

“Banyak faktor yang menyebabkan air tiba-tiba rembes ke dalam tangki bensin motor. Baik menerobos hujan atau saat motor sedang dicuci steam. Bisa juga dikarenakan karet tutup bensin rusak, uap air akibat bensin tidak terisi penuh atau sering beli bensi eceran,” ujarnya Suroso.

Dia menuturkan, jika bensin tercampur dengan air efeknya mesin tidak bekerja maksimal, berebet dan tiba-tiba mati. Bahkan jika air masuk ruang bakar, bisa menyebabkan hidrodinamik dan dapat merusak bagian-bagian mesin seperti piston.

“Jika mengalami masalah demikian jangan panik. Yang perlu dilakukan pertama kali adalah melepaskan karburator. Lalu, buang isi cairan bensin yang terkontaminasi sampai habis. Pastikan benar-benar kering," kata Suroso.

Menurutnya, bensin memiliki massa lebih ringan. Jika tercampur air bensin akan melayang di atas air. Jika Anda tidak dapat melakukannya sendiri di perjalanan cari bengkel siaga atau dapat ke AHASS Resmi Honda.

AHASS Astra Motor Imam Bonjol yang beralamat di Jalan Imam Bonjol No. 273, Gedong Air, Tanjung Karang Barat. Info lebih lanjut hubungi 0852-1822-3353.

 

 

Laporan Reporter Saibumi.com Eva Suryani

BACA JUGA: Lupa Spot Parkir ? Motor Honda Punya Answerback System

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA