Logo Saibumi

Tracing Pasien Positif, 19 Warga Tanggamus Terinfeksi COVID-19

Tracing Pasien Positif, 19 Warga Tanggamus Terinfeksi COVID-19

Saibumi.com (SMSI) Tanggamus - Kabupaten Tanggamus kembali mencatat 19 orang warganya terkonfirmasi positif terinfeksi Coronavirus Desease 2019 atau COVID-19, pada Senin, 14 September 2020, malam.

Berdasarkan tabel data, ke-19 orang tersebut dinyatakan positif berdasar pada hasil tracing pasien 05 asal Talang Padang yang meninggal pada Minggu, 13 September 2020. Hasilnya sebanyak enam orang yang merupakan keluarga pasien 05, meliputi, istri pasien 05 berinisial FD (33), mertua laki-laki AH (55), mertua perempuan SU (55) dan tiga anaknya yang berusia 7, 4 dan 2 tahun.

Kemudian, 13 orang terkonfirmasi COVID-19 dari hasil tracing pasien 06 berinisial AC yang merupakan warga Kelurahan Pasar Madang, Kecamatan Kota Agung itu merupakan keluarga dan pegawai pasien 06. Adapun keluarga pasien 06 meliputi laki-laki GA (38), perempuan HY (60) dan perempuan SS (25) juga beralamat di Pasar Madang Kota Agung.

Kemudian 10 orang lainnya merupakan karyawan terdiri dari laki-laki SU (33), laki-laki NH (33), laki-laki berinsial BE (31), laki-laki RI (34), laki-laki PR (35), laki-laki RD (31), laki-laki KS (21), laki-laki HN (45), perempuan MR (37) dan laki-laki RA (29) warga Kecamatan Kota Agung yang tersebar di tiga kelurahan serta beberapa pekon.

Dari data tersebut, ada dua nama yang negatif hasil swabnya terdiri dari laki-laki berinsial MN (29) dan perempuan berinisial RA (22). Serta terdapat 1 orang yang belum keluar hasil swab yakni laki-laki SB (40).

Selain data yang diterima, terpantau pada Senin (14/9) pukul 21.00 Wib, mobil ambulans Puskesmas Kota Agung telah bersiaga di depan kantor Kelurahan Pasar Madang sebagai titik start penjemputan.

Tampak petugas medis menggunakan APD lengkap dan kepolisian juga melakukan pengawalan menggunakan mobil patroli. Menurut sumber yang tidak ingin disebut bahwa ambulans dipersiapkan guna penjemputan ke 13 orang terkonfirmasi COVID-19 dari pasien 06 yang akan diisolasi di RSUD Batin Mangunang Kota Agung.

Pantauan di RSUD Batin Mangunang dua mobil ambulance tampak hilir mudik membawa sejumlah orang tersebut secara bergantian, kemudian langsung memasuki ruang radiologi selanjutnya ke ruang isolasi yang gedungnnya berada dibagian belakang RSUD setempat.

Berdasarkan keterangan Kapolsek Kota Agung AKP Muji Harjono, kegiatan penjemputan dimulai pukul 21.45 Wib, tim kesehatan beserta aparat terkait melakukan evakuasi ke masing-masing alamat pasien dan membawa para pasien ke RS. Batin Mangunang Kota Agung Tanggamus dan dibawa ke ruang Radiologi untuk kemudian dimasukkan ke ruang isolasi.

"Selasa, 15 September 2020 pada pukul 02.00 WIB proses evakuasi terhadap 13 orang pasien yang dinyatakan positif Covid-19 selesai, kegiatan berjalan dengan tertib aman dan lancar," kata AKP Muji Harjono dini hari tadi di RSUD Batin Mangunang.

Selain itu, data yang dihimpun dari wilayah Talang Padang, terhadap 6 warga terkonfirmasi hasil tracing pasien 05, informasi sementara belum ada kepastian diamana mereka akan dilakukan isolasi.

"Terkait isolasi keluarga pasien 05 sebanyak 6 orang masih dibahas," kata sumber disana.

Keterangan singat juru bicara (Jubir) Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Tanggamus dr. Eka Priyanto membenarkan bahwa terdapat penambahan orang terkonfirmasi Covid.

"Ia mas, ini lagi koordinasi," tulisnya melalui aplikasi chat instan tadi malam.

Terpisah, menurut Direktur RSUD Batin Mangunang (RSUDBM) dr. Benson bahwa sebanyak 13 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 hasil tracing pasien 06 menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Batin Mangunang (RSUDBM) Tanggamus.

Ke-13 pasien yang dirawat di rumah sakit plat merah tersebut terdiri dari 10 orang pasien laki-laki, dan 3 orang pasien perempuan.

Dengan rincian, Kelurahan Pasarmadang 4 orang, Pekon Kusa 2 orang, Kelurahan Baros, Tanjung Anom, Negeri Ratu, Pancawarna (Kuripan), dan Lamuran masing-masing 1 orang. Serta 2 orang bukan warga Tanggamus, yakni Metro dan Lampung Tengah masing-masing 1 orang.

"Ada 13 pasien positif Covid-19 yang dirawat di RSUD Batin Mangunang. Mereka adalah pasien hasil tracing pasien 06," kata direktur RSUDBM Tanggamus, dr. Benson Prinatin Ginting, Selasa (14/9/2020).

Dikatakan Benson, ke-13 pasien tersebut ditempatkan di 3 ruang isolasi RSUDBM, dan diawasi oleh 2 orang tenaga medis dan dokter spesialis paru dan spesiais penyakit dalam. 

"Mereka ditempatkan di tiga ruang isolasi RSUDBM, dan kami sudah menyiapkan semuanya termasuk O2/oksigen tabung," katanya.

Menurut Benson, pihaknya juga mendapat informasi jika 3 pasien anak dari Kecamatan Talangpadang juga rencananya akan menjalani perawatan di RSUDBM Tanggamus. 

"Informasinya pasien anak dari Talangpadang akan dibawa kesini (RSUDBM), untuk itu kami sudah menyiapkan ruang perawatan khusus anak," kata dia. 

 

 

Laporan Reporter Saibumi.com Rusdi

BACA JUGA: Lamsel Catat Ada Penambahan 7 Kasus Baru COVID-19

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA