Logo Saibumi

Intip Tips Agar Ban Awet Bersama Astra Motor Imam Bonjol

Intip Tips Agar Ban Awet Bersama Astra Motor Imam Bonjol

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Ban merupakan satu-satunya komponen motor yang bersentuhan dengan aspal. Karena itu, perlu dilakukan perawatan untuk menjaga performanya dan bisa berumur panjang. Berikut cara merawat ban motor agar lebih awet dan tidak mudah botak.

Dalam proses membersihkan ban lakukanlah secara rutin agar kotoran yang menempel pada ban tidak mengganggu performa, karena kotoran, debu atau pasir yang menempel bisa menyebabkan ban mudah bocor atau pecah.

BACA JUGA: Kemendes dan Pemprov Dorong Penggunaan Dana Dasa untuk Program PDTT

“Cara mudah membersihkan ban ialah menggunakan sikat dengan membasahi ban terlebih dahulu dengan air sabun” Kata Bobby, Mekanik AHASS Astra Motor Imam Bonjol.

Memeriksa tekanan angin ban secara rutin penting dilakukan agar ban selalu dalam kondisi prima dari sisi tekanan angin. Karena saat motor dengan ban kempes dikendarai, komponen yang terbuat dari karet itu akan mudah bocor, cepat botak dan retak. Tak hanya itu, memberi tekanan angin terlalu tinggi juga memberikan risiko pecah atau meledak. Karena itu selalu cek tekanan angin pada ban saat hendak menggunakan motor.

Dalam mengangkut muatan sebaiknya sesuaikan dengan kapasitas kendaraan. Jika mengangkut muatan melebihi kapasitas, tentu bisa menyebabkan ban cepat botak dan mudah pecah atau retak. Sewaktu memarkirkan sepeda motor sebaiknya di tempat yang teduh.

“Jika motor parkir di bawah terik matahari bisa membuat tekanan angin ban meningkat karena pemuaian udara akibat terkena panas. Hal ini sudah pasti berisiko membuat ban mudah botak atau pecah” tutup Bobby. (*)

BACA JUGA: PLN UID Lampung Wakafkan 100 Al Qur’an ke Ponpes

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA