Logo Saibumi

Intip Kiat Sukses Rawat Rantai Motor agar Tetap Awet Bersama Astra Motor Imam Bonjol

Intip Kiat Sukses Rawat Rantai Motor agar Tetap Awet Bersama Astra Motor Imam Bonjol

Saibumi.com (SMSI) Bandar Lampung - Komponen penggerak pada motor tipe bebek atau sport yang terpenting salah satunya adalah rantai dan gir. Perawatan yang baik tentunya akan menjaga usia pakai komponen ini menjadi lebih awet.

Suroso selaku Kepala Bengkel Astra Imam Bonjol menjelaskan, bahwa ada beberapa cara untuk merawat rantai. Menurutnya, kondisi rantai yang kurang baik akan menyebabkan mudah putus atau bahkan terlepas. Sehingga, berisiko tinggi terjadi kecelakaan.

BACA JUGA: Arinal Djunaidi Jadi Orang Pertama di Lampung yang Punya Uang Edisi Khusus HUT ke-75 RI

Lalu, apa saja hal-hal yang dapat dikerjakan sendiri di rumah agar rantai dan gir motor tetap awet?

Pertama, selalu berikan pelumas pada rantai roda. Pelumas ini berfungsi untuk melumasi rantai hingga ke celah mata rantai. Selain itu, pelumas juga membantu membersihkannya dari kotoran atau debu yang menempel. Perlu diingat, disarankan untuk menggunakan pelumas khusus rantai. Suroso menghimbau agar tidak menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai.

Kedua, bersihkan rantai motor secara rutin, terutama jika sering digunakan pada cuaca hujan maupun panas karena kemungkinan rantai akan menjadi kotor dan berdebu. Pastikan untuk selalu rutin membersihkan agar rantai motor menjadi lebih awet dan performanya tetap terjaga.

Selanjutnya, gunakan rantai dan gear asli sesuai dengan spesifikasi yang dikeluarkan oleh pabrikan motor. Apabila rantai motor yang digunakan tidak sesuai, maka akan mendapatkan perbedaan pada karakter serta handling motor tersebut.

Terakhir, selalu periksa jarak bebas rantai dan gir motor.

"Untuk jarak main bebas setiap motor berbeda-beda namun pada umumnya antara 20-30 mm hingga 25-35 mm. Disarankan pemeriksaaan dan penyetelan rantai roda dilakukan secara berkala," jelas Suroso.

AHASS Astra Motor Imam Bonjol yang beralamat di Jalan Imam Bonjol No. 273, Gedong Air, Tanjung Karang Barat. Info lebih lanjut hubungi 0852-1822-3353.

 

 

Laporan Reporter Saibumi.com Eva Suryani

BACA JUGA: Arinal Jadi Inspektur Upacara Peringatan HUT ke-75 RI



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong