Logo Saibumi

Kenali Fakta Handle Bar Bersama Astra Motor Imam Bonjol

Kenali Fakta Handle Bar Bersama Astra Motor Imam Bonjol

Saibumi.com (SMSI) Bandar Lampung - Salah satu komponen kecil yang kerap terlupakan namun sebetulnya penting pada sepeda motor adalah Handle Bar atau yang punya bahasa bengkel “jalu”. Posisinya ada di ujung stang, menutupi lubang pipa.

Saking dianggap tidak penting, serta dirasa mengganggu pada saat handling, komponen ini malah dilepas. Pertanyaannya, benarkah demikian?

Bobby, Mekanik Astra Motor Imam Bonjol yang beralamat di Jalan Imam Bonjol No. 273B, Gedong Air, Tanjung Karang Barat mengatakan, bahwa sebetulnya jalu punya fungsi penting, terutama dalam hal perlindungan jika jatuh.

“Ada fungsinya yaitu untuk pelindung handle rem dan grip kalau terjauh. Bisa mengurangi risiko rusak parah," ujar Bobby.

Kalau komponen ini tidak ada, saat motor jatuh dan stang menyentuh aspal maka bisa saja penggantian termasuk throttle tube, clip-on, bahkan bisa keseluruhan handle bar yang harganya tidak murah.

Kemudian komponen ini juga penting untuk menjaga keseimbangan atau kestabilan. Jalu juga bisa mengurangi getaran sehingga lebih nyaman dikendarai.

“Kalau dulu jalu stang terbuat dari besi dan berat. Tapi sekarang banyak yang plastik” tambah Bobby.

 

Laporan Reporter Saibumi.com Eva Suryani

BACA JUGA: Satgas Covid-19 Kota Bandar Lampung Beri Sanksi Warga Tak Pakai Masker

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA