Logo Saibumi

Penyebab Ruang Mesin Cepat Kotor

Penyebab Ruang Mesin Cepat Kotor

Saibumi.com (SMSI) Bandar Lampung - Nss Kedaton kembali mengedukasi pengendara motor Honda. Kali ini akan membahas masalah ruang mesin kendaraan yang mudah kotor.

Mesin adalah bagian yang terpenting pada kendaraan bermotor. Karena dengan mesin maka kendaraan akan dapat bergerak dan dibawa berkendara kemana-mana. Didalam mesin terdapat ruang bakar yang akan memproses pembakaran bahan bakar dan akan dijadikan sebagai tenaga untuk menggerakkan kendaraan. Maka dari itu ruang bakar adalah bagian terpenting yang harus dijaga dan dirawat secara berkala agar kondisi motor tetap terjaga selalu.

BACA JUGA: Tips Nss Kedaton: Ini Dampak Tak Perhatikan Bearing

Perawatan rutin pada sepeda motor perlu dilakukan agar performa mesin tetap terjaga.Selain servis, penggantian oli secara rutin menjadi syarat utama menjaga jantung pacu kendaraan. Tak hanya itu, mesin motor memiliki kotoran yang harus dibersihkan karena sistem bekerja melalui pembakaran yang diproduksi bensin dan udara sebelum mencapai silinder.

Terdapat pula campuran oli untuk membuat komponen piston dan ruang transmisi bergerak mulus tanpa tersendat. Dalam penggunaannya, bahan bakar, udara dan oli mesin, menjadi asupan bagi mesin motor.

Terdapat beberapa penyebab kotornya mesin motor, karena itu, pemilik kendaraan harus memperhatikan komponen ini dengan baik.

Bahan Bakar

Bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar atau mesin akan meninggalkan residu. Mengendap dan mengeras pada logam di dalam mesin, performa motor bisa saja terganggu.

Kotoran pada bahan bakar juga bisa timbul akibat kompresi tidak seimbang antara kebutuhan mesin dengan tingkat oktan. Umumnya, bahan bakar dengan oktan rendah tidak bisa menyesuaikan kebutuhan mesin sepeda motor yang semakin modern.

Udara

Meski pada sepeda motor terdapat filter udara, bukan berarti penyaringan dapat dilakukan dengan sempurna. Kotoran yang ikut masuk melewati filter udara tidak akan keluar melalui asap kenalpot, sehingga mengendap di ruang bakar dan mengganggu performa mesin.

Oli

Semakin rendah tingkatan oli, maka hasil kerja yang dihasilkan juga tak lebih baik. Jenis oli dengan tingkatan rendah tidak mampu memproteksi mesin terutama overheat. Tingkatan jenis oli yang rendah juga cenderung menyisakan sludge (lumpur) pada mesin. AHM mengeluarkan beberapa jenis AHM Oil Teknology untuk melindungi dan menjaga performa mesin agar tetap lebih optimal. AHM OIL dengan Engine Protection Technology memiliki proteksi maksimal pada gear dari keausan dan pitting dan juga menjaga kebersihan komponen internal mesin.

 

Laporan Reporter Saibumi.com Eva Suryani

BACA JUGA: Jadi Varian Tertinggi, Honda CBR250RR SP Quick Shifter Diluncurkan dengan Performa Terbaik

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA