Logo Saibumi

Tips Nss Kedaton: Ini Dampak Tak Perhatikan Bearing

Tips Nss Kedaton: Ini Dampak Tak Perhatikan Bearing

Saibumi.com (SMSI) Bandar Lampung - Nss Kedaton sebagai dealer resmi sepeda motor Honda tidak hentinya untuk selalu mengedukasi setiap pengentara motor. Kali ini Nss Kedaton akan membahas mengenai bearing.

Meski hanya bagian kecil di sebuah motor, namun fungsi bearing kendaraan tidak bisa dipandang sebelah mata. Bahkan saking central fungsinya, bisa dikatakan tanpa dirinya sebuah kendaraan tidak akan bisa berjalan. Alasannya adalah karena komponen inilah yang menerima beban dari putaran ban. Bila berkaca dari hal tersebut memang sudah menjadi kewajiban para pemilik kendaraan untuk senantiasa memperhatikannya.

BACA JUGA: Jadi Varian Tertinggi, Honda CBR250RR SP Quick Shifter Diluncurkan dengan Performa Terbaik

Pada umumnya, ada tiga hal yang kerap menjadi penyebab komponen kuda besi satu ini alami kerusakan. Pertama adalah usia, di mana ketika sudah lama pemakaian akan aus, lalu kedua karena jalanan yang dilalui, apabila kerap hadapi jalan bergelombang dan berlubang, dan terakhir adalah salah pemasangan, namun hal ini berlaku untuk pencinta modifikasi.

Berikut beberapa dampak bisa ditimbulkan apabila komponen tersebut rusak tapi tidak segera diganti.

Kenyamanan kendaraan akan berkurang. Dampak yang pertama kali bisa dirasakan ketika kepala bearing motor rusak adalah tentang kenyamanan. Ketika komponen tersebut alami masalah, motor yang dikendarai akan berasa goyang-goyang. Apalagi jika kecepatan semakin tinggi, otomatis kondisi tersebut akan terasa lebih kuat dan bisa membuat motor hilang kendali.

Alhasil, kenyamanan sebuah kendaraan akan sangat jauh berkurang. Dan apabila dibiarkan terus menerus akibatnya bisa sangat fatal. Salah satunya adalah bisa memicu sebuah kecelakaan. Nah, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat bekendara, yuk mari jangan malas untuk mengganti bearing roda dua yang telah rusak.

Tidak berhenti disitu saja, kerusakan pada bearing atau klaher motor merupakan salah satu kondisi yang juga menjadi penyebab stang motor terasa goyang atau bergetar. Resiko lainnya dari bearing rusak adalah kemudi menjadi berat. Kedua kondisi yang jelas akan membuat perjalanan kalian terasa tidak mengenakan.

Maka dari itu para pengendara harus selalu menjaga stamina motor honda dengan melakukan service rutin.

 

Laporan Reporter Saibumi.com Eva Suryani

BACA JUGA: Menkop dan UKM Teten Masduki Dorong Lampung Kembangkan Koperasi Pangan

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA