Logo Saibumi

Innalillahi, Pelawak Omas Meninggal Dunia

Innalillahi, Pelawak Omas Meninggal Dunia

Saibumi.com (SMSI), Lampung - Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air. Komedian senior Tanah Air, Omaswati alias Omas meninggal dunia, Kamis, 16 Juli 2020. Hal itu dibenarkan oleh manajer Mandra. Mandra adalah kakak kandung dari Omas.

"Iya betul mpok Omas meninggal sore ini.. jamnya saya nggak tahu detailnya. Saya lagi di luar kota," kata Nani kepada Suara.com -- jaringan Saibumi.com, Kamis, 16 Juli 2020.

BACA JUGA: Guru Penggerak Lahirkan Guru Pembelajar yang Berpusat ke Murid

Anak kedua Omas, Dio Ambiah menyebut bahwa ibunya memang mengidap penyakit gula atau diabestes dan asma yang kambuh beberapa hari belakangan.

"Empat hari terakhir kayaknya gula sama asmanya kambuh, lagi tinggi-tingginya," kata Dio, saat ditemui di rumah duka, kawasan Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Jumat, 17 Juli 2020 dini hari.

Meski demikian, Omas enggan memeriksakannya ke dokter. Adik kandung Mandra itu memang takut ke dokter.

"Dia orangnya takut dokter, makanya kita nggak berani datangin dokter dulu. Soalnya kalau sudah panggil dokter, kadang dia nggak mau diperiksa," ungkap Dio.

Omas diketahui mengidap sakit sejak lama. Sebelum Ramadan tahun ini (Maret-April) Omas sempat sakit tipes dan kondisinya membaik setelah lebaran. Namun, beberapa hari belakangan kondisi komedian 54 tahun ini kembali drop hingga sulit bergerak.

"Kalau sakitnya sudah lumayan lama, dari sebelum puasa kayak yang tipes gitu, terus beberapa minggu setelah lebaran sempat mendingan, sudah bisa ke pasar sama saya. Nah yang paling parah tuh empat hari terakhir ini. Nggak mau makan, nggak mau minum obat," tutur Dio.

Dio mengakui kondisi Omas semakin menurun Kamis, 16 Juli 2020 itu. Suhu tubuhnya kian tinggi namun membaik saat diberi obat demam.

"Jadi dia hari ini tuh badannya panas, kami minumin obat buat nurunin panas itu. Kami pikir dia kesedak gitu apa gimana gitu, terus kami minumin obat sempat nggak apa-apa tuh, cuma pas habis asar dia kayak nyesek gitu, kita kasih air mendingan lagi," ungkapnya.

"Yang paling parah maghrib, sudah kayak kesedak (napasnya) gitu. Kami kasih air yang tadinya bisa jadi nggak bisa," imbuhnya.

Omas pun meninggal dunia Kamis, 16 Juli 2020 sekira pukul 19.30 WIB. Saat itu Dio sempat meninggalkan ibunya beberapa menit untuk memberi makan kucing. Saat kembali beberapa menit setelahnya, ia menemukan ibunya sudah terkulai lemas tak bernapas dengan mata setengah terpejam.

Melansir dari Wikipedia, Omaswati alias Omas merupakan seniwati kelahiran Jakarta 3 Mei 1966. Omas merupakan seorang pelawak yang terkenal dengan logat Betawi dan gaya bicaranya yang ceplas ceplos.

Adik dari Mandra ini mengawali karier dengan bermain kesenian tradisional Betawi Lenong, selain itu ia juga tampil di televisi sebagai pemeran pendukung dalam beberapa sinetron.

Omas juga bermain dalam beberapa acara lawak di televisi. Lawakannya memang asli dan amat lucu, kalau dia bicara ceplas-ceplos. (*)

BACA JUGA: Safari Digital SMSI dengan Ketum MUI Jatim, Samakan Persepsi Menolak RUU HIP

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA