Logo Saibumi

Kejari Tanggamus Gelar Penyuluhan dan Penerangan Hukum ke Aparat Pekon

Kejari Tanggamus Gelar Penyuluhan dan Penerangan Hukum ke Aparat Pekon

Saibumi.com (SMSI) Tanggamus - Terapkan protokol kesehatan, Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanggamus Bidang Intel gelar acara Penyuluhan dan Penerangan Hukum kepada Aparat Pekon dari Kecamatan Talang Padang, Kabupaten Tanggamus, di aula kantor setempat, Selasa, 14 Juli 2020.

Dalam sambutannya, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tanggamus, David P. Duarsa menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut memiliki arti penting untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai peraturan perundang-undangan terkait tindak pidana korupsi. Sehingga, dapat dihindari dalam pelaksanaan tugas kedepannya. Selain itu, diberikan juga pemahaman mengenai New Normal atau tatanan baru dalam bekerja agar tetap produktif dimasa pendemi Covid 19. Seperti diketahui bersama bahwa wilayah Indonesia sedang dilanda pandemi covid-19, tak terkecuali juga terjadi pada wilayah kabupaten Tanggamus.

BACA JUGA: Polisi Sebut Artis FTV Hana Hanifa Berpotensi Jadi Tersangka

"Namun demikian, hal tersebut tidak lantas membuat kita tidak produktif. Kita harus bijak dalam menghadapi pendemi tersebut dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan di lingkungan kerja sebagai upaya pencegahan untuk menekan angka penyebarannya," ungkap Kajari.

David melanjutkan, bahwa proses pembangunan dewasa ini dapat menimbulkan dampak positif dari berbagai bidang, baik insfrastruktur, ekonomi maupun di dalam kehidupan masyarakat.

"Namun, selain itu juga dapat mengakibatkan perubahan kondisi sosial masyarakat yang memiliki dampak sosial negatif seperti tindak pidana korupsi yang sangat meresahkan masyarakat," katanya.

Upaya pemberantasan tindak pidana korupsi saat ini lebih menitikberatkan pada aspek pencegahan. Sebab dari tahun ke tahun telah dilakukan serangkaian upaya penindakan, namun jumlah perkara bukan semakin berkurang justru semakin bertambah.

"Selain penegak hukum yang konsisten, lebih serius dan lebih sungguh-sungguh namun tetap terukur, meningkatkan kualitas pemahaman dan wawasan mengenai peraturan perundang-undangan juga dapat menjadi salah satu solusinya," ujar David.

Secara konkret, lanjutnya, Kejaksaan Republik Indonesia berdasarkan tentuan memiliki tanggung jawab untuk turut menyelenggarakan kegiatan peningkatan kesadaran hukum masyarakat. Hal tersebut ditindaklanjuti dengan pelaksanaan tugas penerangan dan penyuluhan hukum program pembinaan masyarakat.

"Program penerangan dan penyuluhan hukum dilaksanakan dengan tujuan agar masyarakat lebih mengetahui, memahami dan melaksanakan ketentuan yang terkandung dalam berbagai peraturan perundang-undangan. Demi tegaknya supremasi hukum yang pada gilirannya akan terbentuk perilaku anggota masyarakat Indonesia yang taat hukum," tandasnya.

 

Laporan Reporter Saibumi.com Rusdi

BACA JUGA: Ditangkap Kasus Prostitusi Online, Artis FTV Hana Hanifa Ungkap Statusnya

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA