Logo Saibumi

Mantan Wagub Lampung Subki E. Harun Berpulang

Mantan Wagub Lampung Subki E. Harun Berpulang

Saibumi (SMSI), Bandar Lampung - Mantan Gubernur Lampung periode 1980-1990, Drs. Subki Elias Harun atau Subki E. Harun (83), meninggal dunia di RSU Abdul Moeloek (RSUAM) Bandar Lampung, Jumat(10/7/2020) pukul 21.40 WIB.

Jenazah Wakil Gubernur Lampung pada era Yasir Hadibroto dan Poedjono Pranyoto itu disemayamkan di rumah duka Jalan Kacapiring No. 4, Pahoman, Bandar Lampung. Dan rencananya jenazah almarhum akan dikebumikan pada hari ini Sabtu(11/7/2020).

BACA JUGA: Ini Honda Vario Series Terbaru Hanya di Dealer Honda Seputih Mataram

Subki Harun lahir di Way Umpu, Kabupaten Way Kanan pada  24 Mei 1937. Beliau menyelesaikan pendidikan S1 ekonomi di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Subki Harun (Alm.) merupakan putra daerah Lampung yang ikut merintis pembangunan penting di Lampung. Antara lain Bank Pembangunan Daerah (BPD) Lampung yang kemudian menjadi Bank Lampung, kampus Universitas Sriwijaya Cabang Lampung yang menjadi  cikal bakal Universitas Lampung.

 

Sebelum menjadi Wakil Gubernur Lampung, Subki pernah menduduki jabatan penting. Antara lain Kepala Biro Perekonomian Pemprov Lampung, Pjs  Bupati Lampung Selatan dan Pjs Bupati Lampung Tengah pada era Gubernur Sutiyoso (sebelum era Gubernur Yasir Hadibroto), Sekda Provinsi Lampung pada era Gubernur Sutiyoso dan era Gubernur Yasir Hadibroto).

Dalam sejarah Pemerintahan Provinsi Lampung, Subki Harun adalah Wakil Gubernur Lampung kedua setelah Wagub Lampung pertama Nadirsyah Zaini. Nadirsyah hanya satu tahun menjabat Wagub (1966), yaitu pada era Gubernur Lampung pertama, Kusno Danupoyo

Pada era Gubernur Zainal Abidin Pagar Alam (1966-1973) dan era Gubernur Sutiyoso (1973-1978) jabatan Wagub Lampung kosong. Ketika dua tahun Yasir Hadibroto menjabat Gubernur Lampung, yaitu pada 1980, Subki Harus diangkat menjadi Wagub Lampung). Subki Harun dipercaya jadi Wagub Lampung pada era Gubernur Yasir Hadibroto (1980-1990).(*)

BACA JUGA: Di Astra Motor Imam Bonjol, Cuma Segini Bayar DP dan Cicilan Kredit Skutik Honda ADV 150

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA