Logo Saibumi

Cegah Covid-19 Mulai Dari Diri Sendiri

Cegah Covid-19 Mulai Dari Diri Sendiri

Kini isu mengenai wabah Corona virus Disease atau sering dikenal dengan Covid-19 menjadi isu kesehatan yang sudah menghebohkan seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Covid-19 telah dinyatakan sebagai pandemik oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).Penyakit Covid-19 ini disebabkan oleh virus baru yang disebut dengan virus corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2).

 Virus ini dapat meyerang system pernapasan, infeksiparu-paru yang berat, hingga yang paling fatal dapat sebabkan kematian. Menindak lanjuti hal tersebut tentunya pemerintahan Indonesia melakukan berbagai langkah pencegahan penyebaran virus tersebut salah satunya melalui teknik edukatif yang berupah imbauan terhadap masyarakat.

BACA JUGA: Klinik Saibumi Melayani Rapid Test Covid-19 Untuk Pelaku Perjalanan.

“Achmad Yurianto, Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 menyatakan bahwa kasus konfirmasi pasien positif Covid-19 terus bertambah. Saat ini kasus konfirmasi pasien positif Covid-19 sudah mencapai hingga 59.394 kasus. Hal tersebut juga di ikuti dengan data konfirmasi sementara pasien dinyatakan sembuh dengan total 26.667 orang. Tentunya kita mengharapkan bahwa wabah ini cepat berlalu sehingga kita semua dapat menjalankan aktivitas seperti biasanya dan tidak ada lagi penambahan kasus terkait Covid-19. Kita sebagai masyarakat harus melakukan upaya antisipasi agar dapat menghentikan penyebaran virus corona. Masyarakat juga harus pintar dalam mengenali gejala-gejala yang menandakan seseorang terinfeksi virus corona yaitu seperti Demam dengan suhu tubuh diatas 38 derajat Celsius, Batuk kering, dan sesak napas. Namun, tidak dipungkiri juga bahwa seseorang yang terpapar virus ini samasekali tidak mengalami gejala tersebut.

Penyakit yang disebabkan oleh virus corona sampai saat ini masih menjadi polemik terkhususnya bagi bangsa kita. Berbagai upaya pencegahan dan kesiapsiagaan sudah dilakukan namun penyebarannya masih meningkat. Namun, hal tersebut bukan hanya tugas pemerintah tetapi juga menjadi tugas kita sebagai masyarakat yang ingin wabah ini cepat berakhir. Tenaga kesehatan serta relawan yang rela menjadi garda terdepan dalam upaya mencegah penyebaran virus corona ini akan sangat terbantu jika kita sebagai masyarakat mau taat aturan dan mengikuti protocol kesehatan yang sudah ditetapkan. Bagaimana upaya yang dapat kita lakukan? Tentunya kita bias awali dari diri sendiri terlebih dahulu dan lingkungan keluarga.

Adapun upaya preventif atau pencegahan yang dapat kita lakukan agar tidak terpapar virus corona antara lain yaitu:

Pertama, hal yang dapat kita lakukan tentunya selalu menjaga pola hidup sehat dan selalu mejaga kebersihan diri. Hal ini terkadang kita abaikan karena kita merasa bahwa dirikita baik-baik saja. Padahal, ini merupakan langkah penting bagi kita agar terhindar dari berbagaimacam paparan virus yang dapat menginfeksi tubuh kita. Contohnya: selalu biasakan diri mencuci tangan dan membersihkan tubuh setelah melakukan aktivitas.

Kedua, yang tidak kalah pentingnya yaitu selalu menjaga system imunitas tubuh agar terhindar dari infeksi virus yang dapat mengakibatkan tubuh mudah sakit. Cara ini cukup mudah kita lakukan dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya vitamin C. Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin C merupakan salah satu vitamin ataupun nutrisi yang diperlukan tubuh untuk meningkatkan system imunitas tubuh. Menurut sebuah penelitian didapatkan bahwa kebutuhan vitamin C yang dianjurkan (AKG) bagi laki-laki dan perempuan berusia lebih dari 13 tahun sebesar 60 mg/hari. Vitamin C dapat kita jumpai pada beberapa buah-buahan yang sering dan mudah kita temukan seperti Jeruk, pepaya, stroberi, jambu biji, kiwi, nanas, mangga, lemon, danleci. Sedangkan pada sayuran bias kita temukan pada sayuran brokoli, bayam, kangkung, bungakol, dan sebagainya.

Ketiga, jika hal diatas sudah kita lakukan maka upaya selanjutnya yaitu menjaga kebugaran tubuh dengan cara olah raga dan peregangan tubuh. Kenapa demikian? Karena tidak cukup hanya menerapkan pola hidup sehat dan mengonsumsi buah-buahan serta sayuran tetapi harus diimbangi dengan olah raga dan peregangan tubuh agar tubuh kita senantiasa terjaga bahkan dari paparan virus.

Terakhir, tentunya jika terpak sa untuk pergi ataupun melakukan aktivitas penting diluar rumah maka kita harus memakai masker dan mentaati protocol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Setelah bepergian, tentunya jangan lupa cuci tangan dan membersihkan tubuh.

Itulah upaya – upaya pencegahan yang dapat kita lakukan agar mengurangi bahkan menghentikan pola penyebaran Covid-19 yang bias kita mulai dari diri sendiri. “Stay safe and Healthy”

(**Nora Agustina/Mahasiswa Ilmu Kesehatan Masyarakat/Universitas Sriwijaya)

Kirimkan tulisan anda ke comsaibumi@gmail.com, follow IG @saibumi, kirimkan DM dengan format Nama Lengkap_Pekerjaan_Domisili_No.Telpon. Tulisan yang lolos seleksi akan kami tampilkan di halaman website saibumi.com

BACA JUGA: Novel Baswedan Didesak Kembalikan Uang Pengobatan Mata Rp 3,5 Miliar

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong