Logo Saibumi

4 Cara Tepat Saat Isolasi Diri di Rumah

4 Cara Tepat Saat Isolasi Diri di Rumah

Saibumi.com (SMSI) Bandar Jaya - Virus Corona yang mulai merebak di Tanah Air membuat pemerintah meminta masyarakat untuk mengurangi kegiatan di luar rumah. Bahkan Presiden Joko Widodo mengimbau untuk belajar, bekerja dan beribadah dari rumah. Hal tersebut diambil sebagai langkah upaya mengurangi penyebaran virus Corona di Indonesia.

Lalu bagaimana cara tepat saat harus isolasi mandiri di rumah? Berikut tipsnya;

1. Sediakan Kebutuhan Pokok di Rumah

Sebelum untuk mengisolasi di rumah akibat virus corona, ada baiknya jika melengkapi dan memenuhi kebutuhan pokok di rumah. Namun tetap dan perlu diingat untuk membeli beberapa hari kedepan saja. Penting untuk menyediakan bahan pokok, namun tidak membelinya dengan berlebihan atau panic buying.

Hal tersebut agar orang lain juga dapat membeli kebutuhan pokok mereka. Menyediakan bahan pokok di rumah dapat mengurangi kegiatan di luar rumah. Selain membeli sayur dan buah-buahan perlu juga membeli makanan kemasan, termasuk makanan beku dan yang tak mudah rusak sehingga bisa distok di rumah.

2. Selalu Cuci Tangan dengan Sabun dan Air Mengalir

Salah satu cara mencegah paparan virus corona atau COVID-19 adalah cuci tangan dengan benar. Meskipun selalu berada di rumah, bukan berarti mengabaikan pentingnya untuk mencuci tangan. Mencuci tangan dengan sabun adalah cara terbaik untuk mengeliminasi atau mengurangi kuman dalam jumlah besar. Bahkan seperti virus Corona juga dapat tersingkir.

Pakar Epidemiologi Universitas Indonesia, Syahrizal Syarif, bahkan mengatakan jika mencuci tangan jauh lebih efektif untuk mencegah virus corona daripada menggunakan masker. Penggunaan masker hanya diperuntukan bagi yang sudah sakit.

"Cuci tangan bentuk pencegahan indirect, sedangkan masker untuk menghindari kontak langsung (direct)," ujar Syahrizal saat konferensi pers di Gedung Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Komplek Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta, Selasa 3 Juni 2020. 

 Rajinlah mencuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir, setidaknya selama 20 detik beberapa kali dalam sehari. Lakukan sebelum memasak atau makan, setelah keluar dari kamar mandi, serta setelah menutup hidung saat batuk atau bersin.

3. Selalu Penuhi Obat-obatan di Rumah

Sebelum memutuskan untuk membli barang kebutuhan pokok di rumah, ada baiknya untuk memeriksa obat-obatan di rumah. Pastikan tersedia obat sehari-hari yang dapat meredakan gejala ringan.

Setidaknya di rumah tersedia beberapa obat yang perlu disiapkan seperti obat penghilang rasa nyeri, penurun demam dan juga dekongestan. Sebab, obat-obatan tersebut dinilai bisa meredakan gejala ringan COVID-19.

4. Selalu Bersihkan Rumah

Hal terpenting lainnya adalah jangan malas untuk selalu membersihkan rumah. Rumah yang bersih sudah pasti tidak akan menjadi sarang bakteri, virus dan tidak akan menjadi sumber penyakit. Selain itu kegiatan membersihkan rumah bisa menjadi salah satu kegiatan mengusir rasa bosan kala berada di rumah.

 Pastikan debu-debu di pojok rumah tak luput untuk dibersihkan. Selain itu, sering-seringlah mengepel rumah dan mengganti pengharum ruangan. Semua sudut rumah dibersihkan, terutama kamar mandi dan dapur.

 

Laporan Reporter Saibumi.com Eva Suryani

BACA JUGA: Gereja Katolik Paroki Katedral Kristus Raja Bagikan Paket Sembako ke Warga Terdampak Covid-19

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong