Logo Saibumi

Herman Minta Pengelola Pasar dan Mall Terapkan Protokol Kesehatan

Herman Minta Pengelola Pasar dan Mall Terapkan Protokol Kesehatan

Wali Kota Herman HN meninjau masyarakat yang tidak menggunakan masker.

Saibumi.com (SMSI) Bandar Lampung - Pengelola pasar tradisional dan modern diharapkan dapat menerapkan protokol kesehatan yanh dianjurkan Pemerintah untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

Wali Kota Bandar Lampung Herman HN mengatakan, Pemerintah Kota Bandar Lampung tengah menandatangani kesepakatan bersama dengan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, dan juga pihak mal untuk bersama melawan COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan ke konsumen yang datang.

BACA JUGA: Pemkot Terima Bantuan 10 Wastafel Portable dari Pertamina

"Hasil kesepakatan bersama tersebut adalah menata ruangan dan barang agar tidak menyebabkan penumpukan orang (menjaga jarak fisik). Kemudian melakukan pembatasan orang dalam ruangan agar tidak terjadi kerumunan," jelasnya, Kamis 21 Mei 2020.

Selanjutnya, meniadakan kursi-kursi pengunjung dan meniadakan makan di tempat. Lalu menyiapkan batas-batas antrean pengunjung di kasir dan memberikan pembatas transparan antara konsumen dan kasir.

"Menyiapkan alat pengukur suhu tubuh, tempat cuci tangan, masker untuk konsumen yang tidak memakainya dan sarung tangan plastik serta cairan pembersih tangan. Dan mewajibkan petugas dan pengunjung yang datang untuk menggunakan masker," paparnya.

Herman HN menegaskan, bahwa penerapan protokol kesehatan ini harus diterapkan dengan baik oleh pihak swalayan.

“Saya secara langsung sudah turun ke pasar tradisional dan ke toko-toko untuk mengingatkan kepada masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan. Karena bagaimanapun ekonomi harus jalan, tetapi kesehatan yang utama,” kata dia.

Ia pun mengungkapkan bahwa bila mana mereka tidak mengindahkan aturan tersebut akan dilakukan penutupan sementara tokonya hingga selesainya pandemi COVID-19.

"Aturan ini harus dipatuhi selama masa pandemi COVID-19, selesai atau tidaknya wabah ini kita tetap melihat instruksi nasional karena kita ada di tengah-tengah," kata dia.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Penangan COVID-19 Kota Bandarlampung Ahmad Nurizki mengatakan bahwa Pemkot Bandarlampung sudah berupaya untuk melakukan imbauan kepada pasar-pasar modern, bahkan tradisional, untuk menerapkan protokol kesehatan.

"Kami juga sudah melakukan pemberian masker dan sarung tangan kepada pengunjung toko serta penegasan kepada pihak swalayan untuk menyiapkan handsanitezer, masker dan sarung tangan dengan harapan itu semua dijalankan oleh pihak manajemen pasar modern," tandasnya.

 

Laporan Reporter Saibumi.com Siska Purnama Sari

BACA JUGA: Bantu Warga Terdampak Covid-19, Pemprov Kembali Gelar Pasar Murah

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong