Logo Saibumi

Tanpa ADD, Pemuda Campang Semprot Disinfektan dan Dirikan Posko Mandiri Cegah Covid-19

Tanpa ADD, Pemuda Campang Semprot Disinfektan dan Dirikan Posko Mandiri Cegah Covid-19

Saibumi.com (SMSI) Tanggamus - Sebagai bentuk kepedulian para pemuda dan warga Pekon Campang Gisting Kabupaten Tanggamus terhadap pencegahan Covid-19, mereka bergerak secara mandiri tanpa dukungan Anggaran Dana Desa (ADD).

Pergerakan mandiri itu dilakukan pemuda dan warga dengan mengumpulkan sumbangan, lalu melakukan penyemprotan desinfektan rumah-rumah warga disana, Jum'at 22 Mei 2020.

Bahkan sejak awal bulan Mei 2020 lalu, tergerak atas dasar semangat kemanusiaan, mereka mendirikan posko dan melakukan penyemprotan disenfektan kepada pengendara mobil dan motor yang melintas dan masuk ke pekon mereka.

Lagi-lagi pihak Pekon juga tidak peduli dan apatis terhadap kegiatan mereka dengan dalih kegiatan tersebut tidak sesuai SOP pembentukan Posko Covid-19, padahal hal itu sangat penting dalam mencegah dan memutus mata rantai Covid-19.

Namun apatisnya pihak Pekon itu, para pemuda dan masyarakat terus bergerak sebab mengingat pesan Wakil Bupati Tanggamus Safii yang sempat memberikan sambutan saat apel persiapan tadi pagi.

Wakil Bupati Tanggamus menyerukan pentingnya peran serta masyarakat khususnya pemuda untuk aktif dan bersungguh-sungguh mencegah wabah Covid 19.

"Pemuda harus ikut memantau apabila ada indikasi orang-orang yang datang dari luar daerah sehingga dapat diantisipasi berbagai upaya pencegahan," kata Syafi'i.

Kesempatan itu, Wakil Bupati juga memberikan support kepada gerakan pemuda yang telah berkontribusi dalam upaya pencegahan pandemi Covid-19 ini.

"Bahwa agenda dari teman teman pemuda Campang semoga bisa berjalan dengan baik dan atas nama Pemerintah Daerah menyambut baik, mengapresiasi apa yang menjadi inisiasi atau yang menjadi kegiatan para Pemuda Campang," tegasnya.

Sementara itu Tokoh Pemuda Campang, Wanto mengatakan, bahwa sebagai pintu masuk beberapa wilayah di Kabupaten Tanggamus seperti Kecamatan Sumberejo, Kecamatan Ulu Belu dan sebagainya, menjadi tempat yang penting untuk dilakukan pencegahan.

Sehingga para pemuda mendirikan, Posko Covid-19 sejak awal Mei 2020, dan tadi pagi sebelum penyemprotan secara serentak di seluruh dusun, baik Campang 1, 2 dan 3, para pemuda juga melakukan kegiatan pembagian masker kepada pengguna jalan.

"Kegiatan Pemuda Campang ini merupakan kegiatan mandiri tidak menggunakan ADD Pekon, tetapi didukung oleh masyarakat yang peduli dengan memberikan donasi," kata Wanto usai kegiatan.

Lanjutnya, grafik peningkatan secara global dan tren kasus positif yang meningkat di Indonesia serta adanya musim yang dikhawatirkan oleh banyak kalangan tentang budaya mudik lebaran sepatutnya menjadi kewaspadaan.

"Segala upaya pemuda merupakan bagian dari pencegahan yang menjadi harapan besar khusus nya Pekon Campang dan umumnya masyarakat Tanggamus agar dijauhkan dari pandemi covid-19 ini," tandasnya.

 

Laporan Reporter Saibumi.com Rusdi

BACA JUGA: Riana Sari Arinal Serahkan Bantuan 580 Paket Sembako ke Anggota Koperasi Mina Jaya

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA