Logo Saibumi

LPA Himbau Orang Tua Intens Pantau Pergaulan Anak
Kasus Seksual Terhadap Anak di Lamteng Tinggi

LPA Himbau Orang Tua Intens Pantau Pergaulan Anak

Saibumi.com (SMSI) Lampung Tengah - Udin (51) warga Kecamatan Way Pengubuan Lampung Tengah (Lamteng) diamankan anggota Kepolisian Sektor (Polsek) Way Pengubuan.

Udin diamankan lantaran melakukan kejahatan seksual terhadap Bunga -bukan nama sebenarnya- (8) anak dibawah umur yang tak lain tetangganya sendiri. Perkara tersebut saat ini tengah di tangani Kepolisian dan mendapat pendampingan dari Lembaga Perlindungan Anak (LPA) setempat.

Ketua LPA Lamteng Eko Yuono, mengatakan pihaknya saat ini melakukan pendampingan dan asesmen kepada Bunga.

"LPA bersama sakti Peksos Maya dan Tony melakukan pendampingan dan asesmen karena korban (Bunga) mengalami trauma lumayan berat, karena tersangka (Udin) selalu mengancam korban," kata Eko, Rabu 20 Mei 2020.

Eko mengatakan, kejahatan seksual yang menimpa Bunga terjadi pada Februari 2020 lalu. Menurut pengakuan tersangka, korban yang merupakan tetangga dari pelaku yang kerap berkunjung.

"Karena tetangga, korban ini sering bermain ke rumah tersangka. Karena kebetulan di rumah tersangka itu ada ayunan. Korban dan teman-temannya sering bermain ayunan setiap pulang sekolah. Sampai pada suatu hari korban hanya sendiri bermain ayunan dan dipanggil oleh tersangka disaat itulah korban mengalami kejahatan seksual. Kejadian tersebut terjadi pada bulan Februari 2020," imbuhnya.

Atas kejadian itu, korban sering mengeluh sakit pada bagian kelaminnya kepada ibunya.

“Tapi ibunya kurang paham dan pada akhirnya korban bercerita kepada kakaknya dan dari cerita kakaknya tersebut akhirnya keluarga korban melaporkan kejadian yang menimpa anaknya ke Polsek Way Pengubuan," paparnya.

Saat ini, kata Eko, tersangka tengah menjalani pemeriksaan di Mapolsek setempat. Sementara hasil penelusuran LPA dan Peksos korban yang menjadi kejahatan seksual tersangka lebih dari dua orang.

“Hanya sementara ini yang bisa kita gali keteranganya baru dua korban," jelasnya.

Eko menambahkan, sampai dengan saat ini LPA sudah mendampingi 37 kasus kejahatan sexual yang korbanya anak-anak. Dua di antaranya hamil. Terkait hal ini hampir 75 persen pelakunya adalah orang terdekat.

"Kami berharap kepada orang tua agar bisa lebih memantau keberadaan anak ketika bermain dan bergaul dengan teman-temannya. Kami harap juga ditahun ini, cukup hanya ada 37 kasus saja kejahatan sexual anak di Lamteng," pungkasnya.

 

Reporter Saibumi.com Saibumi.com Sansurya

BACA JUGA: Kapolres Lamteng Jalin Silaturahmi dengan Awak Media

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong