Logo Saibumi

Tanda-Tanda Oli Motor Harus Segera Diganti ala Astra Motor Imam Bonjol

Tanda-Tanda Oli Motor Harus Segera Diganti ala Astra Motor Imam Bonjol

Saibumi.com (SMSI) Bandar Lampung - Untuk melanjutkan siklus kerja mesin tetap diperlukan penggantian oli motor secara rutin. Ini disebabkan oli sebagai pelumas utama pada bagian mesin yang sangat dibutuhkan oleh panas dan kerak yang ada hasil pengembangan. 

Fungsi oli pada motor memang sangat penting. Selain pelumas, oli juga berfungsi sebagai perata panas ke seluruh bagian mesin. Alasan Mengapa Oli Harus Diganti

Jelas sebagai motor, saat busi mengeluarkan gas yang ada di mesin silinder maka akan menghasilkan kerak dan panas. Dan sebagian kerak tersebut masuk ke dalam ruang engkol lewat celah ring piston.

Hal ini berlanjut oli akan tercampur dengan kerak sisa perbaikan dan ada juga yang mempengaruhi suhu mesin. Akan mengubah kualitas oli mesin, baik fisik dan kemampuan oli dalam melumasi juga akan berubah. Itulah alasan Kenapa oli bisa mengubah warna menjadi hitam dan teksturnya lebih cair jika sudah lama.

Jika struktur oli rusak maka mesin juga akan kehilangan daya lumasnya. Sementara jika tidak ada pelumas, mesin tidak akan bertahan lama dan komponen mesin juga lebih cepat aus hingga akhirnya rusak.

Kapan Oli Motor Harus Diganti?

Biasanya oli motor harus diganti jika jarak tempuhnya sudah 3.000 kilometer atau 5.000 kilometer. Setiap motor yang mencapai interval ini maka harus melakukan penggantian oli. Jika mesin dirasa masih normal dan performanya juga baik-baik saja tapi jika oli mesin kondisinya kurang baik maka akan kehilangan daya lumasnya.

Tanda-Tanda Oli Motor Harus Diganti

Meskipun belum mencapai waktu penggantian, tetapi jika oli sudah memiliki tanda-tanda ini maka sudah dipastikan harus diganti:

1. Warna Hitam Pekat dan Tekstur Encer

2. Jika Sudah Lebih dari 5.000 Kilometer

3. Volume Oli Mesin Kurang

4. Suhu Mesin Terasa Lebih Tinggi Dari Sebelumnya

5. Suara Mesin Transmisi Kasar

Nahhh buat kamu yang ngerasa motornya udah harus diservice tapi takut mau kemana-mana, Astra Motor Imam Bonjol menyediakan Jasa Service Kunjung lho. Bisa kerumah ataupun kekantor kamu. Keren banget kannn

Astra Motor Imam Bonjol beralamat di Jln. Imam Bonjol No. 273 Kelurahan Gedong Air, Kecamatan Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung, Info Hub : 085218223353

 

Laporan Reporter Saibumi.com Eva Suryani

BACA JUGA: Patria Lampung Peduli Lingkungan

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong