Logo Saibumi

Pertama di Tangggamus, Pemkab Tengah Bangun GOR Tipe B

Pertama di Tangggamus, Pemkab Tengah Bangun GOR Tipe B

Saibumi.com (SMSI) Tanggamus -  Pembangunan Gelanggang Olahraga (GOR) tipe B di Kabupaten Tanggamus mencuri perhatian banyak pihak. Pasalnya, selain alokasi dana yang dinilai cukup besar, bangunan tersebut pertama kalinya dibangun di kabupaten tersebut.

Menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik Kementerian Pemuda dan Olah Raga senilai Rp 11 miliar lebih, membuat banyak pihak penasaran dengan bentuk, type dan manfaat bagi perekonomian masyarakat di kabupaten setempat.

Namun dengan adanya hal itu, menurut salah satu penggiat olahraga di Kabupaten Tanggamus, Ulva Tania bahwa pembangunan GOR tersebut akan sesuai dengan yang diharapkan. Dia menilai, bahwa pengembang akan lebih teliti saat proses pembangunannya.

"Dengan adanya banyak pihak yang mengawasi dan mengontrol pembanguan tersebut, maka para pengembang tidak akan bermain-main dengan anggaran pembangunan itu. Saya yakin, mereka tidak akan ada niat kearah itu," ujarnya saat diwawancarai Saibumi.com, Rabu 20 Mei 2020.

Disinggung terkait manfaat GOR bagi perekonomian masyarakat setempat, Ulva Tania yang juga merupakan Pengurus KONI Tanggamus, menilai jika manfaatnya akan terlihat dan terasa kedepannya.

"Pembangunan GOR itu kan sudah melalui kajian-kajian dan tahap-tahap yang panjang. Saya rasa Pemkab Tanggamus tidak mungkin mengalokasikan dana yang besar jika tidak besar pula manfaatnya bagi masyarakat," ungkapnya.

Dengan adanya GOR tersebut, sambungnya, turnamen olahraga baik event kecamatan atau kabupaten bahkan tingkat provinsi dapat digelar di Kabupaten Tanggamus.

"Dengan demikian, Kabupaten Tanggamus dapat menjadi pusat kegiatan olahraga. Sehingga nantinya usaha perhotelan, pariwisata, praduk UMKM dan praduk-produk lokal akan mengeliat dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Parbudpora) Kabupaten Tanggamus, Retno Noviana D mengungkapkan, bahwa pembangunan GOR tersebut untuk meningkatkan peran serta daerah dalam pembangunan dan pengembangan potensi pemuda dan olahraga.

"Tentunya dengan adanya sarana ini akan meningkatkan minat olahraga, sehingga kualitas dan mutu kepemudaan dan olahraga Kabupaten Tanggamus akan lebih baik guna menggapai prestasi kepemudaan dan olahraga ditingkat regional dan nasional bahkan internasional," ungkapnya.

Didampingi oleh Ari Yudha Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan GOR mini type B, Retno mengatakan bahwa pembangunan tahap pertama ini meliputi len clearing, struktur pondasi (struktur kolom/tiang pancang, plat beton lantai 2, ring balok), struktur atap dan pengatapan serta sumur bor yang nantinya akan digunakan dalam kegiatan aktivitas GOR ini.

"Kemudian akan dilanjutkan pada tahap kedua yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 ini akan difokuskan pada kelengkapan gedung. Lantai serta fasilitas penunjang lainnya, sehingga walaupun secara keseluruhan belum terselesaikan sarana ini dapat dimanfaatkan," ucapnya.

Lanjutnya, pembangunan GOR Type B ini berlokasi di Pedukuhan Waysom Pekon Kotaagung Kecamatan Kota Agung dengan lahan seluar 3,2 hektar dan luas bangunan 2.864 m2 dengan luas bangunan 2000 m2 dan luas teras serta lapangan 864 m2.

"Pembangunan GOR ini sendiri akan memfasilitasi 6 cabang olahraga yakni badminton, bola volly, basket, takraw, futsal, Basket, dan kegiatan-kegiatan lainnya," jelas Retno.

Pun demikian, menilik dari apa yang telah dilaksanakan oleh Dinas Parbudpora Kabupaten Tanggamus ini relevan dengan visi misi dan 55 aksi ASIK dari Bupati Tanggamus Dewi Handajani dan Safe’i, Wakil Bupati Tanggamus.

"Pada point ke 8 yakni Peningkatan infrastruktur jalan, drainase, irigasi, kesehatan, pendidikan, dan pariwisata serta fasilitas umum, point 45 Pembangunan stadion gelora tanggamus," kata Bupati Tanggamus dalam sambutan peletakan batu pertama GOR Type B Kabupaten Tanggamus pada beberapa waktu yang lalu.

Dalam kesempatan yang lain, para pemuda dan beberapa tokoh menyampaikan terimakasih atas dibangunan sarana olahraga berupa GOR Type B ini, karena menurut mereka dengan adanya gedung tersebut akan dapat dimanfaatkan baik dalam kegiatan olahraga itu sendiri maupun kegiatan-kegiatan yang lainnya.

"Tentunya juga dapat sebagai tempat untuk menunjukkan minat bakat kreatifitas pemuda (muli mekhanai.red) semisal pertunjukan musik, hal ini tentu sangat menopang dalam pembangunan masyakatkan Kabupaten Tanggamus," ungkap Wandi, Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STEBY Kampus Kotaagung Tanggamus.

Bahkan, salah satu tokoh adat Buay Turgak, Matsaibi raja tata Krama merasa senang dan bangga dengan adanya tempat olahraga (GOR) di kabupaten Tanggamus. Dia mangatakan, bahwa selain tempat gelaran olahraga, dapat dimanfaatkan untuk kegiatan lain seperti helaran kesenian dan budaya.

"Dengan adanya gelaran olahraga itu, sepantasnya kita harus berterimakasih dengan Pemkab Tanggamus. Nantinya jika ada kegiatan kesenian adat lampung yang membutuhkan ruangan dapat mememfaatkan  GOR itu," ungkapnya.

 

Laporan Reporter Saibumi.com Rusdi

BACA JUGA: 17 Pelaku Terduga Pengeroyokan Serahkan Diri ke Polres Tanggamus

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong