Logo Saibumi

Kisah Pilu Pasien 02 Covid-19, Dua Kali Ditolak Dimakamkan oleh Warga

Kisah Pilu Pasien 02 Covid-19, Dua Kali Ditolak Dimakamkan oleh Warga

Saibumi.com (SMSI) Bandar Lampung – Kisah pilu harus dirasakan pasien 02 Covid-19 asal Lampung. Setelah dinyatakan positif terjangkit Virus Corona, pasien 02 menghembuskan nafas terakhirnya saat menjalani perawatan intensif di Ruang Isolasi Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Provinsi Lampung, pada Senin 30 Maret 2020 pukul 00.30 WIB.

Pasien 02 yang berjenis kelamin laki-laki ini harus mengalami cobaan kembali. Jenazahnya terombang-ambil lebih dari 24 jam lantaran terus-menerus ditolak oleh warga saat akan dimakamkan.

BACA JUGA: Pengobatan Diabetes yang Terus Menerus dengan JKN-KIS

Awalnya pemakaman pasien 02 yang merupakan pegawai Kementerian PUPR bagian Lelang APBN Wilayah Lampung, dilakukan di Kelurahan Batu Putuk, Telukbetung Barat. Namun, RT 05 LK II Kampung Sukajadi menolaknya dengan tegas. Padahal liang kubur sudah digali oleh para petugas.

Para petugas yang mengawal jenazah pasien 02 tidak menyerah, meski hari sudah malam dan hujan deras mengguyur jenazah yang sudah berada dalam peti kayu itu dibawa ke TPU Bukit Kemiling.

Namun lagi-lagi, warga di sekitar TPU Bukit Kemiling menolak jenazah dimakamkan di sana. Jenazah akhirnya disemayamkan di Rumah Sakit Bandar Negara Husada, Kota Baru, Lampung Selatan.

Hingga akhirnya, jenazah pasien 02 mendapatkan keputusan bahwa akan dimakamkan di lahan Kota Baru milik Pemerintah Provinsi Lampung pada Selasa 31 Maret 2020, pagi.

Proses pemakaman dipimpin oleh Sekretariat Provinsi Lampung Fahrizal Darminto, didampingi Direktur RS Bandar Negara Husada dr Djohan Lius. Selain itu, pemakaman juga disaksikan langsung oleh anggota Muspika setempat, Polsek Jatiagung, dan Koramil.

Laporan Reporter Saibumi.com Eva Suryani

 

BACA JUGA: Team Patria Diedukasi tentang Pencegahan Covid-19

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA