Logo Saibumi

Pengobatan Diabetes yang Terus Menerus dengan JKN-KIS

Pengobatan Diabetes yang Terus Menerus dengan JKN-KIS

Saibumi.com (SMSI) Bandar Lampung - Kehadiran program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan  Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) terus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Salah satu yang merasakan manfaat besar program JKN-KIS adalah Yusni Haryanti, warga Kota Bandar Lampung yang menderita diabetes. Peserta JKN-KIS mandiri kelas 3 ini diagnosa dokter sakit diabetes,  dan Yusni sangat merasa bersyukur karena ikut program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.

Yusni sapaan akrabnya mengaku, dirinya sangat terbantu ketika akan berobat saat diabetesnya kambuh bahkan karena penyakit diabetes dirinya sempat merasakan sakit dimatanya dan nyaris mengalami kebutaan karena kadar gula yang tinggi.

BACA JUGA: Team Patria Diedukasi tentang Pencegahan Covid-19

"Saya ini sakit diabetes sudah lama jadi memang enggak bisa capek, sebelumnya saya enggak daftar BPJS kalau mau berobat kerasa banget keluar duitnya, tapi sekarang saya sudah daftar peserta mandiri kelas 3. mau berobat aja gampang tinggal datang ke Klinik,  saya terdaftar di Klinik Kedaton Medical Center dan dua kali saya dirujuk ke Rumah Sakit Advent. Pelayanan BPJS Kesehatan bagus, cepat kalau urus perubahan data dll, pelayanan di Klinik dan Rumah Sakit juga bagus, enggak ribet, sudah gak ada lagi diskriminasi buat Peserta JKN-KIS" ujar Yusni saat diwawancarai Saibumi.com, Selasa 31 Maret 2020.

Menurut warga Kelurahan Rajabasa ini, dirinya mendapatkan pelayanan yang baik dari awal pengobatan di faskes 1 hingga proses rujukan.

"Kalau sudah kumat aja bawaannya lemes, matanya perih kalau terkena cahaya jadi kalau udah salah makan misal ati empela itu langsung sakit mata, ternyata pas di cek gula darahnya tinggi jadi dirujuk juga ke Rumah sakit dan itu tanpa ada biaya tambahan," paparnya.

Menurut Yusni yang sehari-hari bekerja sebagai penjaga toko ini dirinya mengambil langkah untuk mendaftarkan diri menjadi peserta JKN-KIS mandiri agar kesehatannya terjamin.

 "Saya kan kelas 3 jadi biaya iuran perbulannya terjangkau yang penting kesehatan keluarga terjamin, banyak manfaatnya seperti gratis pembuatan kacamata untuk silinder dan untuk cek gula darah pun saya gratis atau ambil obat mata saya maupun rawat inap karena diabetes semua sudah tercover oleh Program JKN-KIS," pungkasnya.

Yusni mengajak kepada seluruh peserta mandiri lainnya untuk rutin membayar iuran setiap bulannya.

 “Saya harap seluruh peserta mandiri bisa rutin membayar iuran setiap bulan, agar Program JKN-KIS ini tetap ada membantu masyarakat yang membutuhkannya, karena program ini adalah gotong royong” tutup Yusni.

Laporan Reporter Saibumi.com Eva Suryani

BACA JUGA: Penambahan Empat Kasus Positif Corona di Lampung Berstatus OTG

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA