Logo Saibumi

Dokter Saibumi: Cara Mencegah Virus Corona

Dokter Saibumi: Cara Mencegah Virus Corona

Saibumi.com (SMSI) Bandar Lampung - Virus corona atau Covid-19 kini tengah menjadi perhatian penuh seluruh dunia, termasuk Indonesia. Berbagai cara dilakukan mulai dari lockdown hingga gerakan meliburkan aktivitas kerja dan pendidikan, untuk memutus rantai penularan virus jenis baru yang berasal dari Kota Wuhan, China.

Di Kota Bandar Lampung sendiri, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan meliburkan sekolah selama 14 hari dan menutup seluruh kegiatan yang bersifat keramaian. Selain melakukan gerakan #dirumahaja, Dokter Umum Klinik Utama Saibumi punya tips lainnya untuk mencegah tertularnya Virus Corona selama menjalani masa isolasi dari pemerintah.

BACA JUGA: Diduga Terinfeksi Virus Corona, Pria Ini Jatuh Mendadak dan Kejang-kejang! Ternyata Ini Faktanya

Dr. Sihol Erwin Nainggolan mengatakan, masyarakat harus tetap berolahraga di bawah sinar matahari dengan dukungan vitamin dan makanan yang bergizi.

"Meskipun pemerintah tengah mengeluarkan peraturan agar kita tidak melakukan aktivitas di luar, namun untuk meningkatkan daya tahan tubuh baiknya kita tetap berolahraga dan terkena sinar matahari," kata dr.Sihol kepada Saibumi.com, Selasa 17 Maret 2020.

Selain itu, dr.Sihol menyarankan agar warga dapat mengikuti intruksi pemerintah untuk tidak keluar rumah atau ke tempat ramai sementara waktu dan menjaga jaraknya kepada orang lain.

"Ini budaya yang sangat sederhana, di mana kita memang harus rajin mencuci tangan. Dan jangan kontak dengan hewan atau peliharaan sebelum di vaksinasi dan dibersihkan dimandikan," ungkapnya.

Bagi seseorang yang merasakan ada gejala sakit atau flu agar mengunakan masker sehari-hari agar tidak menularkan oranglain. Dan langsung memeriksakan diri ke klinik ataupun rumah sakit.

"Kita memang sudah seharusnya rutin check up ke dokter minimal 6 bulan sekali, cek darah lengkap, Rontgen Thorax Gold Standard untuk pemeriksaan Virus Corona dan CT Scan," jelasnya.

Sihol menjelaskan, selama melakukan aktivitas di rumah, baiknya juga untuk mengkomsumsi makanan dan minuman bergizi, khususnya sayur dan buahan. Jangan mengkomsumsi daging atau makananan mentah yang belum dimasak.

"Tentunya minum vitamin C tinggi. Saya menghimbau agar kita jangan takut berlebihan, jangan stress dan berpikir positif. Istirahat yang cukup minum air putih minimal 8 liter per hari dan banyak berdoa, berpuasa sesuai ajaran agama masing-masing," pungkasnya.

Laporan Reporter Saibumi.com Siska Purnama Sari

BACA JUGA: Papua Siaga Darurat Virus Corona Covid-19

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong