Logo Saibumi

Konsumsi Suplemen Bisa Cegah Covid-19? Ini Penjelasan Dokter

Konsumsi Suplemen Bisa Cegah Covid-19? Ini Penjelasan Dokter

Diskusi Hari Perempuan Internasional, Perempuan #BisaSemua (Suara.com/Frieda Isyana)

Saibumi.com (SMSI) Jakarta - Menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat merupakan salah satu hal yang diwajibkan sebagai salah satu upaya pencegahan virus corona Covid-19 yang semakin mewabah.

Selain dengan olahraga, makan sehat, hidup bersih, dan istirahat yang cukup, mengonsumsi suplemen juga bisa menjadi salah satu cara menguatkan daya tahan tubuh.

BACA JUGA: Tiga Istri Buronan KPK Ikut Dicari

Dr. Helmin Agustina Silalahi, Manager Medikal Divisi Consumer Health Kalbe Farma, mengatakan bahwa mengonsumsi suplemen juga penting dalam mencegah tertular virus corona Covid-19.

"Artinya, kita harus mempercanggih diri kita. Kita nggak tahu virus itu adanya di mana, maka harus membentengi diri sendiri," katanya, saat ditemui usai acara Diskusi Hari Perempuan Internasional, Perempuan #BisaSemua bersama Kalbe Farma di Kemang, Senin 9 Maret 2020, dilansir dari Suara.com jaringan Saibumi.com

Dr. Helmin mengatakan ada tiga faktor yang membuat seseorang sakit, yakni daya tahan tubuh bagus atau tidak, adanya virus, dan faktor lingkungan.

"Misal hujan terus, udara lembap, virus bertahan lebih lama. Harus kerja sama tiga-tiganya. Tapi kalau daya tahan tubuh kita bagus, kuat kita, nggak gampang sakit," sambungnya.

Banyak faktor yang mempengaruhi mengapa daya tahan tubuh bisa menurun. Misalnya saja dari nutrisi yang tidak bagus, maka tubuh tidak akan bisa mendukung kesehatan.

Atau lingkungan dengan cuaca tidak menentu dan membuat tubuh sulit beradaptasi, dan berakibat daya tahan tubuh menurun. Kemudian kurang beristirahat juga bisa menjadi salah satu faktor.

Seberapa banyak kita perlu mengonsumsi suplemen juga disesuaikan dengan kebutuhan kita, karena suplemen berbeda untuk berbagai usia atau jenis kelamin. Kita bisa meminum suplemen setiap hari untuk menunjang daya tahan tubuh kita.

Dr. Helmin juga mengingatkan untuk mengecek apa saja kandungan suplemen yang akan dikonsumsi. Setidaknya, suplemen tersebut wajib mengandung vitamin dan mineral.

"Mau suplemen apapun, kalau isinya hanya vitamin dan mineral itu general. Dan bisa dikonsumsi tiap hari," tegasnya.

 

BACA JUGA: Gadis ABG 'Slenderman' Jalani Tes Kejiwaan

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong