Logo Saibumi

Pakai Masker Tiap Hari Bikin Kulit Rusak? Ini Kata Dokter

Pakai Masker Tiap Hari Bikin Kulit Rusak? Ini Kata Dokter

Ilustrasi

Saibumi.com (SMSI) Jakarta - Wabah virus corona Covid-19 yang terus meningkat secara global membuat publik resah. Orang yang sedang sakit pun disarankan memakai masker bedah untuk mencegah penularan virus corona.

Tetapi, sejumlah orang yang sehat atau tidak merasakan gejala apapun juga memilih memakai masker bedah untuk melindungi diri dari penularan virus corona.

BACA JUGA: Timbun Puluhan Ribu Helai Masker di Rumah, FN Dibekuk Polisi

Padahal penggunaan masker bedah terus-menerus justru tidak baik. Menurut seorang dokter yang dilansir dari Asia One, penggunaan masker bedah terlalu lama bisa memengaruhi kesehatan kulit kita.

Beberapa orang merasakan kulitnya menjadi lebih sensitif dan rawan berjerawat di beberapa tempat akibat penggunaan masker bedah.

Dilansir dari Suara.com jaringan Saibumi.com, seorang dokter dari Paragon Medical Center, dr Xhou Ke Jia, mengatakan kondisi itu disebabkan oleh penggunaan masker yang membuat kulitnya tidak bisa bernapas.

Ketika seseorang bernapas lalu menghembuskannya, suhu dan kelembapan di dalam area yang tertutup masker akan meningkat. Kondisi ini bisa menciptakan lingkungan yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak.

Pada akhirnya, kondisi ini bisa menyebabkan kulit lebih sensitif dan mudah tersumbat. Selain itu, membiarkan masker dalam waktu lama juga meninggalkan bekas pada kulit. Dengan demikian, dr. Zhou menyarankan orang-orang untuk melakukan perawatan kulit selama periode pencegahan wabah corona Covid-19 dan memakai masker.

Anda bisa menggunakan pelembab setiap hari untuk mengurangi kemungkinan kulit kering atau berminyak. Karena, kulit wajah yang kering atau berminyak bisa menyebabkan atau memperburuk kondisi kulit, seperti jerawat.

Adapun waktu terbaik untuk menggunakan pelembab wajah, yakni setelah mandi, mencukur jenggot atau saat terjadi pengelupasan kulit.

Hindari mengeringkan kulit wajah yang basah menggunakan handuk dan menggosok-gosoknya. Karena, cara ini bisa memperburuk hingga merusak kelembapan kulit. (*)

 

BACA JUGA: Dinas Kesehatan Sebar 9.892 Boks Masker

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong