Logo Saibumi

Gaungkan Diving, Corona Diving Club Buka Kelas untuk Pemula

Gaungkan Diving, Corona Diving Club Buka Kelas untuk Pemula

Seluruh peserta Corona Diving Club berfoto bersama sebelum melakukan selam di dermaga Puri Gading

Saibumi.com (SMSI) Pesawaran - Diving atau menyelam merupakan olahraga bawah laut yang masih jarang sekali dilakukan khususnya di Bandar Lampung. Banyak orang takut dengan kedalaman laut yang nyatanya menyimpan jutaan keindahan di dalamnya.

Demi menggaungkan olahraga selam, Corona Diving Club yang diketuai Donny Irawan kembali membuka kelas bagi para pemula yang ingin belajar menyelam.

BACA JUGA: Antisipasi Virus Corona, KAI Divre IV Tanjungkarang Sosialisasikan Hidup Bersih

Seperti kelas yang dibuka pada minggu lalu, ada dua penyelam pemula mengikuti giat praktek serta materi di Hotel Sahid, Bandar Lampung.

Dua peselam tersebut yakni Rahim Doli P. Siregar dan AKBP Rizal yang berdinas di Polda Lampung.

Kelas diving bagi para pemula dipandu instruktur senior Lampung, yakni Sinek Kurniawan. Beliau sudah puluhan tahun menyelam dan sudah mempunyai ratusan murid di Bandar Lampung.

Kelas Diving bagi para pemula diadakan selama 3 hari, terbagi dalam 2 hari praktek kolam renang dan ujian teori serta 1 hari para murid (penyelam pemula) diajak turun langsung ke salah spot di Pulau Tegal, Pesawaran.

Pada saat praktek langsung di spot Pulau Tegal, dua peselam pemula didampingi oleh Sinek Kurniawan dan juga empat anggota Corona Diving Club lainnya.

Berangkat melalui dermaga Puri Gading pada Minggu, 1 Maret 2020 pagi menggunakan perahu motor. Perjalanan menuju spot diving kali ini ditempuh selama kurang lebih satu jam tiga puluh menit.

Sesampainya di spot, Sinek langsung mengajak para peselam untuk melakukan pemanasan dan menjelaskan mengenai lokasi dan keadaan arus yang akan menjadi spot diving.

“Sebelum turun, kita harus pemanasan supaya tidak kram nanti saat didalam air. Nanti kita turun dari bibir pantai, melakukan deco stop di kedalaman 2 meter dan jangan lupa popping,” jelasnya.

Setelah pemanasan, seluruh peserta berdoa dan langsung melakukan persiapan untuk melakukan penyelaman. Penyelaman dilaksanakan selama 50 menit dengan kedalaman 18 meter dan suhu 30 derajat.

Salah satu peserta selam, Rahim, menjelaskan bahwa ia sangat tertarik dengan selam karena ingin melihat bagaimana keindahan alam bawah laut.

“Nggak nyesel udah ikut kelas selam Pak Sinek, selain cara mengajarnya yang fleksibel dan menyenangkan, ia juga tahu spot-spot indah di Lampung. Tadi waktu dispot barat Pulau Tegal ada penyu yang lewat, banyak juga ikan-ikan bergerombol dan juga ada satu kontainer yang isinya cacing laut,”ujarnya.

Laporan Reporter Saibumi.com Putri Purnamasari

BACA JUGA: KAI Divre IV Tanjung Karang Turut Antisipasi Virus Corona

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA