Logo Saibumi

Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini untuk Tangkal Corona Covid-19

Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini untuk Tangkal Corona Covid-19

Makanan Mengandung Karotenoid. (Shutterstock)

Saibumi.com (SMSI) Jakarta - Virus corona Covid-19 positif ditemukan di Indonesia. Hal ini dipaparkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang menyebut dua WNI asal Depok positif terjangkit virus tersebut.

Virus corona Covid-19, sebagaimana penyakit akibat virus lainnya, merupakan penyakit yang bisa dicegah. Salah satu cara pencegahannya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kekebalan tubuh tidak turun.

BACA JUGA: Virus Corona Masuk Indonesia, Ini Gejalanya

Sebab, virus ini cukup berbahaya apabila menyerang pasien yang memiliki kekebalan tubuh yang rendah.

Beberapa makanan bisa membantu menambah kekebalan tubuh, seperti berikut ini dikutip dari Verywell Health pada Senin 2 Maret 2020.

  1. Makanan yang mengandung Vitamin C

Vitamin C merupakan nutrisi penting bagi tubuh yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan membantu melawan radikal bebas yang bisa merusak sistem imun. Sudah banyak bukti yang menunjukkan bahwa vitamin C bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh terutama yang sedang stres berat.

Untuk menambah asupan vitamin C, konsumsi makanan seperti buah-buahan sitrus (jeruk atau lemon), buah kiwi, paprika merah dan hijau, brokoli, dan stroberi.

  1. Makanan yang mengandung Vitamin E

Seperti vitamin C, vitamin E juga merupakan salah satu antioksidan yang kuat. Penelitian mengungkapkan bahwa menjaga kadar vitamin E dapat memperkuat kekebalan tubuh, terutama pada lansia.

Vitamin E bisa Anda dapatkan melalui makanan-makanan seperti kacang almond, biji bunga matahari atau kuaci, kacang hazel, dan selai kacang tanah.

  1. Makanan yang mengandung Zinc

Zinc merupakan mineral yang penting dalam pembentukan sel-sel imun. National Institute of Health (NIH) memperingatkan bahwa kadar zinc yang rendah bisa merusak fungsi kekebalan tubuh.

Makanan-makanan yang mengandung zinc untuk mencukupi kebutuhanmu, antara lain kerang tiram, kacang panggang, kacang mede, dan kismis.

  1. Makanan yang mengandung karotenoid

Karotenoid merupakan tipe lain dari antioksidan, yakni sebuah pigmen yang secara alamiah ditemukan dalam sejumlah tanaman. Saat dikonsimsi, karotenoid diubah menjadi vitamin A yang membantu mengatur sistem imun.

Anda bisa meningkatkan asupan karotenoid dengan mengonsumsi wortel, kale, aprikot, pepaya, dan mangga.

  1. Makanan yang mengandung asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 merupakan salah satu asam lemak yang diketahui dapat menekan inflamasi dan menjaga sistem imun tetap terjaga.

Walau belum diketahui apakah omega-3 bisa membantu melawan infeksi, penelitian mengungkapkan bahwa omega-3 bisa membantu melindungi tubuh dari ganggungan imun seperti penyakit Crohn's, ulcerative colitis, dan rheumatoid arthritis. Ikan berlemak seperti makarel, tuna, salmon, sarden, biji flax, dan kacang walnut merupakan sejumlah makanan yang bisa jadi sumber omega-3 terbaik.(Suara.com)

 

BACA JUGA: Ini Obat yang Manjur Menurut WHO Tangani Virus Corona

#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong