Logo Saibumi

PELATIHAN JURNALISTIK ONLINE

PT. Saibumi Media Utama

saibumi.com

Aktivitas media saat ini sudah tidak lagi harus terbelenggu pada cara lama, informasi saat ini harus tersampaikan dengan cepat kepada publik, salah satu media yang super power saat ini adalah media sosial, media blog/website yang bisa dengan mudah di akses dari smart phone oleh publik.

Untuk tercapainya tujuan tersebut kami luncurkan sebuah program pelatihan jurnalistik online.

Jurnalistik Online adalah aktivitas jurnalistik atau penyebarluasan informasi yang memanfaatkan internet sebagai medianya sehingga dapat diakses secara global ke seluruh dunia.

Jurnalistik online ( Online Journalism) –disebut juga cyber journalism, jurnalistik internet, jurnalistik web (web journalism), dan jurnalisme daring (dalam jaringan)– merupakan “generasi baru“ jurnalistik setelah jurnalistik konvensional (jurnalistik cetak, seperti surat kabar) dan jurnalistik penyiaran (broadcast journalism radio dan televisi).

Jurnalistik online merupakan metode baru penyajian informasi dan fakta dengan menggunakan bantuan atau perantara teknologi internet. Salah satu contoh perwujudan jurnalisme online adalah weblog (blog) dan sosial media, mulai dari blog pribadi hingga blog kelompok, organisasi, lembaga, instansi, atau perusahaan.

TUJUAN PELATIHAN

Memahami karakteristik dan prinsip jurnalistik online, termasuk dasar-dasar jurnalistik secara umum. Mampu membuat tulisan (posting) yang baik sehingga SEO Friendly dan User Friendly. Menguasai teknik & Management sosial media. Menguasai teknik reportase, termasuk riset data dan wawancara, untuk meliput dan memberitakan sebuah peristiwa/kegiatan. Menguasai teknik penulisan berita online. Menguasa bahasa jurnalistik, terutama “hemat kata”, sehingga mampu menulis berita/artikel secara ringkas sesuai dengan karakter jurnalistik online.

TARGET MATERI

Dasar-Dasar Jurnalistik Online –pengertian, sejarah, prinsip, karakteristik, dan keunggulan jurnalistik online. Teknik Dasar Penulisan Berita Online –teknik penulisan judul, teras, isi, yang sesuai dengan karakter jurnalistik online. Teknik Reportase dan Wawancara –teknik peliputan kegiatan/peristiwa, wawancara narasumber, dan penyajiannya di media online. Teknik Penulisan Artikel –teknik menulis artikel opini di media online.

TARGET PESERTA

Pelatihan ini terbuka untuk umum, dari berbagai latar belakang profesi dan disiplin ilmu, lebih khususnya kalangan Humas/Public Relations, Corporate Communications, Corporate Secretary, Bagian Komunikasi & Informasi, atau yang bertugas mengelola website instansi dan media sosial (media online), dan para peminat profesi jurnalis online.

Untuk pemohonan proposal pelatihan, Silahkan isi formulir di bawah ini :

Form Permohonan Proposal Pelatihan Jurnalistik Online

Sample Fixed Banner