Logo Saibumi

Pesawaran Siap Bangun Hortipark
Dermawan Membangun Dan Berinovasi

Pesawaran Siap Bangun Hortipark

Pesawaran Siap Bangun Hortipark | Ist

Kebijakan Percepatan Pengembangan Potensi lainnya yang dilakukan pemerintah Kabupaten Pesawaran adalah pengembangan pertanian Komoditas hortikultura dan kakao berbasis wisata (Agrowisata). Kabupaten Pesawaran sedang mengembangkan kawasan hortipark seluas seluas 69.420 m2 yang terletak di kawasan terpadu yang mempunyai aksesibilitas yang strategis sebagai pintu gerbang Kabupaten Berjuluk Bumi Andan Jejama yang terletak diantara dua jalan nasional yakni di simpang tugu Kakao Desa Negerisakti, Gedongtataan. Akses menuju Taman Hortipark tersebut berjarak 10 km dari pusat Kota Bandar Lampung

Pembangunan Taman Hortipark didalamnya sedang dilaksanakan pembangunan berupa Sentra Industri pengolahan Cokelat (Pabrik Mini Cokelat). Dimana pabrik mini coklat ini berfungsi menjalankan pengolahan Biji Kakao Menjadi Cokelat berupa Nibs, Pasta, Lemak, Bubuk, dan Candy serta produksi berupa produk olahan cokelat untuk bahan promosi, percontohan sebagai bahan baku dan edukasi bagi pelaku usaha industri cokelat rumahan.

Pabrik Mini Cokelat yang sudah dilaksanakan yakni Bantuan pemerintah Pusat berupa Peralatan Pengolahan Makanan Berbahan Cokelat yang diberikan Kepada Kelompok UMKM dan Pelatihan Kepada 2 Koperasi dan 40 orang Pengurus yang bergerak di Usaha Pengelolahan Cokelat.

Selain itu, dikembangkan kebun koleksi buah-buahan berupa tanaman buah jenis Kelengkeng seluas 2.350 m2 , Jambu Kristal 2.505 m2 , Hidroponik dan Anggrek 2.428 m2 ,Buah Naga 2.780 m2 Green House (2 Unit) 1.554 m2 . Sedangkan Bidang Perkebunan yakni Kebun coklat seluas 3.580 m2 , Kebun pembibitan 1.980 m2 dan Lantai jemur 340 m2 , Kebun sayuran dengan karakteristik unggulan Kabupaten Pesawaran dan kesesuaian agroklimat lokasi, Pembuatan taman florikultura, dan Bangsal Pasca Panen dan Pengolahan.

Pembangunan Horti Park atau Taman Edukasi Kakao di Kabupaten Pesawaran tidak hanya berfungsi mendukung potensi kakao dalam satu kawasan, tetapi juga berfungsi sebagai kawasan agrowisata berbasis hortikultura yang memberikan pengalaman bagi pengunjungnya mulai dari teknik budidaya tanaman hortikultura sampai dengan penanganan pasca panen. Namun juga berfungsi sebagai edukasi wisata pengelolaan coklat yaitu prosesing dan produksi olahan coklat.

Secara ekonomi pembangunan Taman Hortipark di Kabupaten Pesawaran diharapkan dapat meningkatkan memacu usaha ekonomi petani dan masyarakat serta menciptakan lapangan kerja baru terutama bagi penduduk yang berdomisili di sekitar kawasan Taman Hortipark dan kedepan diharapkan mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Pesawaran.

Pada Tahun Anggaran 2018 Kabupaten Pesawaran sedang melakukan Pembangunan sarana dan prasarana kawasan berupa penyiapan badan - badan jalan di areal Hortipark, Penyiapan lahan - lahan cluster dan talud - talud pengaman, Pagar bagian depan areal hortipark Sehingga masyarakat sudah dapat mengetahui bahwa adanya pembangunan di lokasi tersebut. Untuk selanjutnya pada tahun berikutnya Pembangunan Taman Edukasi Kakao ini akan di selesaikan secara bertahap agar dapat segera berfungsi dan dimanfaatkan sesuai rencana.

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.