Logo Saibumi

Pemkab Lampung Barat Terus Berbenah, Dari Pencanangan Imunisasi MR Hingga Launching Ambulans Hebat, Beasiswa Kedokteran, Serta Program Lansia Ceria

Pemkab Lampung Barat Terus Berbenah, Dari Pencanangan Imunisasi MR Hingga Launching Ambulans Hebat, Beasiswa Kedokteran, Serta Program Lansia Ceria

Saibumi.com, Lampung Barat - Pemerintah Kabupaten Lampung Barat berkomitmen memajukan wilayah yang kaya akan kopi dan hasil pertaniannya itu. Berbagai upaya digalakkan, seperti yang terlihat kemarin, Pemkab mengadakan Sosialisasi Mencanangkan Imunisasi Measles Rubella (MR), Launching Ambulance Hebat sekaligus Peresmian Puskesmas Rawat Inap Sekincau dii Lapangan Kecamatan Sekincau.

Dimulai secara simbolis, Pemkab Lambar pertama melantik Pokja KIPI Lambar, kemudian penyerahan Kartu Imunisasi MR, Lauching Ambulance Hebat, penyerahan Kartu KIS Daerah, Penyerahan Beasiswa Kedokteran, Penyerahan Kendaraan Puskesmas Roda 4 dan Roda 2 dan penyerahan bingkisan Lansia Ceria serta penyerahan Obat Cacing dan Vitamin A.

Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus, menyampaikan indonesia berkomitmen mencapai eliminasi measles (campak) dan pengendalian rubella (campak jerman) pada tahun 2020.

"Dilakukan strategi nasional, salah satunya munisasi tambahan Measles Rubella (MR) anak usia 9 bulan sampai 15 tahun. Fase pertama pada 2017 untuk Pulau Jawa, dan fase dua pada 2018 di seluruh daerah luar Pulau Jawa, termasuk di Lampung Barat," paparnya.

Karena itu, tambahnya, Saya mendukung penuh kampanye nasional imunisasi MR, agar anak-anak kita bisa bebas dari campak dan rubella. Kita sudah pernah berhasil untuk cacar, polio, dan tetanus. Jadi saya percaya, sekarang pun dengan niat yang baik, kita juga insyaallah bisa melaksanakan dan berhasil untuk melakukan imunisasi campak dan rubella,” ungkapnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar membawa buah hatinya mengikuti imunisasi MR pada Agustus ini di seluruh sekolah PAUD/TK, SD/MI, SMP/MTS DAN SMA/MA, serta pada September mendatang di seluruh Posyandu, Poskesdes, Puskesmas dan pos imunisasi lainnya.

Total kurang lebih ada 78.506 anak akan mendapat imunisasi MR yang tersebar di seluruh Kabupaten Lambar. Sehingga diperlukan peran aktif bersama agar seluruh anak mendapatkan imunisasi demi tercapainya Lampung Barat yang sehat. Upaya lain yang ditempuh mewujudkan tujuan itu dengan peningkatan sarana dan prasarana, contohnya peningkatan status Puskesmas Sekincau menjadi Puskesmas Rawat Inap.

Dengan ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya masyarakat Sekincau. Selain itu, Puskesmas ini dapat menjadi rujukan dari Puskesmas non rawat inap sekitar, sehingga masyarakat dapat tertolong dengan cepat.

"Alhamdulillah sampai saat ini Lampung Barat sudah mempunyai 8 Puskesmas Rawat Inap dari 15 Puskesmas. Tahun ini juga sedang dibangun beberapa puskesmas untuk menjadi rawat inap, sehingga pada akhir tahun 2018 Lampung Barat memiliki 12 Puskesmas Rawat Inap dan 3 Puskesmas non rawat inap/rawat jalan, dengan pemenuhan sarana prasarana dilaksanakan secara bertahap," tutur Parosil.

Peningkatan pelayanan kesehatan tidak hanya dari peningkatan dan penambahan gedung puskesmas tetapi dari pelayanan luar gedung, salah satunya adalah Ambulance Hebat. Program yang dicanangkan Bupati Lampung Barat ini bertujuan untuk memberikan sarana trasportasi kepada masyarakat yang membutuhkan pertolongan kegawatdaruratan medis dan dapat dirujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama yaitu puskesmas.

"Ambulance hebat dapat dinikmati secara gratis oleh seluruh masyarakat yang memiliki identitas Lampung Barat. Program ini dilatarbelakangi dari kondisi geografis yang sebagian besar merupakan pegunungan, sehingga mempengaruhi penyebaran penduduk yang tidak merata, akibatnya masih ada masyarakat yang mengalami kesulitan saat akan meminta pelayanan kesehatan," imbuhnya.

Pada 2018 ini telah ada 10 kecamatan yang siap armada ambulance hebat beserta petugasnya. Armada yang tersedia tahun ini tersebar untuk 10 kecamatan yaitu : Kecamatan Kebun Tebu, Way Tenong, Pagar Dewa, Batu Ketulis, Belalau, Suoh, Bandar Negeri Suoh, Balik Bukit, Sukau dan Lumbok Seminung. Pada 2019 mendatang, Pemkab akan menambah 5 armada ambulan hebat untuk 5 kecamatan lainnya beserta petugasnya dan 4 armada untuk mengganti kendaraan yang telah beroperasi tahun 2018 sehingga seluruh kecamatan mendapatkan ambulan hebat.

Tak berhenti disitu, Pemkab Lampung Barat juga memperhatikan program Kartu Indonesia Sehat (KIS) daerah bagi masyarakat kurang mampu, sehingga tetap mendapatkan pelayanan kesehatan yang diperlukan.

Program lain yaitu pemberian beasiswa kepada anak-anak Lampung Barat yang berhasil masuk ke perguruan tinggi Fakultas Kedokteran, pada tahun ini telah ada 3 orang yang mendapatkan beasiswa ini.

"Diharapkan setelah menjadi dokter mereka kembali ke Lampung Barat untuk mengabdi dan turut membangun daerah dibidang kesehatan," harapnya. 

Pemkab Lambar juga menjalankan program bagi warga lanjut usia (lansia) yang dititik beratkan pada kegiatan promotif dan preventif. Puskesmas wajib memberikan skrining kesehatan pada masyarakat yang berusia 60 tahun keatas minimal 1 kali diwilayah kerjanya dalam kurun waktu satu tahun. Sehingga kedepannya lansia berada pada kondisi lansia yang ceria (cerdas, elok, rajin, inovatif dan aktif) dan produktif dengan penambahan ekonomi yang kreatif sehingga dapat meningkatkan pendapatan keluarga lansia.

Hingga saat ini telah ada 77 Posyandu lansia yang tersebar diseluruh wilayah Kabupaten Lampung Barat, hal ini menunjukkan bahwa kegiatan untuk lansia dapat terus berkembang sehingga lampung barat dapat berada dalam kondisi sehat dari anak-anak hingga lansianya," tutupnya.

Kegiatan ini dihadiri Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus, Wakil Bupati Mad Hasnurin, Ketua DPRD Edi Novial, Anggota DPRD, Asisten dan Staf Ahli Bupati, Unsur Muspida, unsur Forkopimda, Ketua TP PKK, Ketua Dharma Wanita, Pengurus GOW, Kepala OPD Lambar serta undangan lainnya. (**)

#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.