Logo Saibumi

Disdik Lampung Lakukan Sinkronisasi Aset

Disdik Lampung Lakukan Sinkronisasi Aset

Ist

Saibumi.com, Bandar Lampung - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung menggelar Kegiatan Sinkronisasi Aset tetap Dinas Pendidikan tahun 2018 di Hotel Nusantara Syariah, Jalan Soekarno Hatta No 50 Bypass Bandar Lampung.

Bertujuan untuk sinkronisasi aset tetap dinas pendidikan tahun 2018, kegiatan ini memberikan kontribusi pemahaman tata cara pengadministrasian secara teknis dengan sinkronisasi aset tetap Dinas pendidikan tahun 2018.

Dalam sambutannya Ketua Panitia menyampaikan tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut untuk menyampaikan tata cara pengadministrasian barang milik negara yang bersumber dari bantuan pemerintah dan mensosialisasikan peraturan pemerintah terkait pengelolaan bantuan pemerintah  serta menyampaikan tata cara pelaporan dan pertanggung jawaban barang persediaan bersumber bantuan pemerintah.

Karena saat ini bantuan pemerintah yang disalurkan dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi lampung ke SMA/SMALB dan SMK  khususnya berupa fisik sering mengalami kendala dalam hal pelaporan dan pencatatan aset barang milik daerah sehingga sering menjadi catatan temuan pemeriksaan karena bantuan pemerintah tersebut belum tercatat dilaporan Simak Badan milil daerah tersebut.

"Tujuannya menyampaikan tata cara pengadministrasian barang milik negara yang bersumber dari bantuan pemerintah dan mensosialisasikan peraturan pemerintah terkait pengelolaan bantuan pemerintah  serta menyampaikan tata cara pelaporan danbpertanggung jawaban barang persediaan bersumber bantuan pemerintah," ujar Ketua Panitia dalam sambutannya.

Disisi lain Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung menjelaskan dalam sambutannya mengatakan barang milik negara atau daerah merupakan bagian dari aset pemerintah pusat  atau daerah karena aset adalah sumber daya ekonomi yang dikuasai atau dimiliki oleh pemerintah.

"Salah satu tolak ukur laporan yang baik dan komprehensif adalah telah dibuat secara stuktur dan menggunakan kaidah yang telah dibakukan dan menggunakan data data faktual dan benar adanya hal ini juga mempunyai fokus tersendiri oleh pihak pemeriksa baik secara internal maupun eksternal," jelas Sulfakar.

Sulfakar menjelaskan tujuan untuk menghasilkan informasi yg diperlukan sebagai alat pertanggung jawaban atas pelaksanan bahan dan pelaporan manejerial simak BMN untuk menghasilkan informasi sebagai dasar penyusunan neraca pemerintah  atau lembaga dan informasi konfirmasi untuk perencanaan kebutuhan. (*)

 

Laporan wartawan Saibumi.com Eva Suryani

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.