Logo Saibumi

Serius Tangani Penyakit Hewan, Balai Karantina Pertanian Kelas I Lampung Gelar Workshop

Serius Tangani Penyakit Hewan, Balai Karantina Pertanian Kelas I Lampung Gelar Workshop

Acara Workshop Pemantauan Daerah Sebar HPHK Regional Sumatera oleh Balai Karantina Pertanian Kelas I Lampung, Kamis, 12 Juli 2018 | Obbie Fernando/Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung - Serius mengawasi dan menangani penyakit hewan karantina di regional Sumatera, Balai Karantina Pertanian Kelas I Lampung mengadakan workshop pencegahan penyakit hewan di Hotel Novotel Lampung. Hal itu diungkapkan Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Lampung Muhammad Jumadh.
 
"Kegiatan ini adalah kegiatan workshop regional wilayah Sumatera 2018 tentang pengamatan penyakit hewan. Tujuannya untuk pemetaan ketersebaran penyakit hewan karantina yang ada di wilayah Sumatera," ungkapnya pada Kamis, 12 Juli 2018.
 
Kegiatan workshop ini dimaksudkan untuk mengurangi resiko penyakit hewan yang ada di lokasi tertentu dan juga bisa menjaga keamanan dalam melakukan pengiriman hewan maupun produk hewan.
 
"Ketika akan melakukan kegiatan lalu lintas hewan maupun produk hewan, kita bisa lakukan mitigasi resiko di tempat-tempat penyakit hewan tertentu. Sehingga nanti bisa diberikan persyaratan untuk pengetatan lalu lintas hewan maupun produk hewan," lanjutnya.
 
Ia menambahkan, peserta workshop ini merupakan tim yang menjadi unit pelaksana teknis pertanian karantina di regional Sumatera dan juga dinas peternakan yang ada di Lampung.
 
"Juga mengundang Balai Veteriner Regional Lampung, Bukit Tinggi Sumatera Barat dan Medan. Kita juga mengundang Dinas Peternakan yang membidangi kesehatan hewan untuk bisa ikut bersama-sama memberikan kontribusi membuat suatu pemetaan hewan penyakit di wilayah Sumatera," jelas dia.
 
Muhammad Jumadh berharap, dengan workshop ini bisa meminimalisir adanya penyakit hewan yang ada di wilayah Sumatera dan memberikan kebijakan dalam pengiriman hewan maupun produk hewan.
 
"Harapannya dengan adanya workshop ini kita bisa mengetahui peta penyakit hewan khususnya di wilayah Sumatera. Yang kedua bisa memberikan untuk kebijakan baik pusat maupun daerah didalam mengatur lalu lintas hewan dan produk hewan. Dan juga untuk meningkatkan sarana dan prasarana SDM dalam menangani khususnya kesehatan hewan," tutupnya.(*)
 
 
Laporan kontributor Saibumi.com Obbie Fernando

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA