Logo Saibumi

Sempurnakan Ibadah Ramadhan, YBM BRI Ajak Masyarakat Salurkan Zakat

Sempurnakan Ibadah Ramadhan,  YBM BRI Ajak Masyarakat Salurkan Zakat

Rangkaian acara I'tikaf bersama YBM BRI yang di selenggarakan di Masjid Al Ukhuwah kampus Pasca Sarjana UIN Raden Intan Lampung Jl. Yulius Usman Labuhan Ratu Bandar Lampung | Ist

Saibumi.com, Bandar Lampung - YBM BRI sebagai salah satu lembaga zakat nasional terbesar di Indonesia, selain melakukan proses penghimpunan, pengelolaan dan penyaluran dana zakat masyarakat, juga melakukan penyululan dan penyadaran pentingnya zakat dalam kehidupan manusia.

Hal tersebut dilakukan dalam rangkaian acara I'tikaf bersama YBM BRI yang di selenggarakan di Masjid Al Ukhuwah kampus Pasca Sarjana UIN Raden Intan Lampung Jl. Yulius Usman Labuhan Ratu Bandar Lampung. 
 
Dalam Taushiyah yang disampikan oleh Ustadz Sutrisno, M.Kom.I bahwa zakat merupakan suatu ibadah yang memiliki peran sosial yaitu membantu kaum dhuafa atau masyarakat tidak mampu secara finansial.
 
Rezeki manusia diatas muka bumi ini telah ditetapkan oleh Allah SWT, maka menyempurnakan ibadah Ramadhan dengan membayar zakat, akan menjadikan manusia tersebut sebagai hamba yang bertaqwa dihadapan Allah SWT dan dicintai manusia.
 
Dalam kesempatan berbeda, Pelaksana Harian YBM BRI Kanwil Bandar Lampung Amir Mudaris menyampaikan bahwa zakat juga memiliki fungsi untuk mensucikan harta yang telah diperoleh. Alasannya, karena kita telah menunaikan hak orang lain pada sebagian harta yang kita miliki. Dengan kata lain, harta yg telah diberikan zakatnya sudah menjadi hak penuh milik kita sehingga menjadi lebih berkah.
 
Selain harta yang berkah, zakat juga menjadikan jiwa seorang muslim menjadi lebih suci dan tentram. Tidak hanya itu, dengan berzakat, seorang muslim akan dicukupkan rezekinya oleh Allah. Sesuai dengan pengertian secara bahasa, zakat memang berarti ‘tumbuh’, ‘bersih’, dan ‘berkembang’.
 
“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendo’alah untuk mereka. Sesungguhnya do’a kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (Q.S. At-taubah:103)
 
“Hai Anak Adam, bersedekahlah, karena pasti akan dicukupkan (diberikan) nafkah (rezeki) atasmu.” (HR Bukhari Muslim)
 
Dan di atas itu semua, zakat menjadi suatu keharusan karena ia merupakan perintah Allah SWT. Bahkan, perintah membayarkan zakat bagi seorang muslim begitu penting sehingga terdapat 27 ayat dalam Al-Quran yang menyejajarkan zakat dengan perintah sholat. Salah satunya adalah:
 
”Dan  dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku.” (Q.S. Al-baqarah: 43)
 
Selain itu, dalam sebuah hadits Rasulullah juga menyatakan bahwa zakat merupakan salah satu amal sentral yang menjadi penopang agama Islam.
 
“Islam ditegakkan di atas lima perkara, yaitu mengesakan Allah, mendirikan shalat, mengeluarkan zakat, berpuasa pada bulan Ramadhan, dan mengerjakan Haji.” (HR Bukhari Muslim)
 
Wujud kepedulian sosial, pensuci harta, serta kewajiban terhadap perintah Allah SWT. Itulah alasan mengapa seorang muslim wajib untuk menunaikan zakat. Jadi, tunggu apalagi? Mari kita berzakat. Tegas Amir dalam rilisnya.(*)
 
Laporan wartawan Saibumi.com Eva Suryani

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.